Mau Sewa Space Iklan?


PASANG IKLAN DISINI
*Hanya Rp50.000

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)


Advertisement

Translate

Cara Daftar GOOGLE WEBMASTER TOOLS Terbaru dan Lengkap






Cara Daftar GOOGLE WEBMASTER TOOLS Terbaru dan Lengkap




Google Webmaster Tools


Sesuai dengan namanya GOOGLE WEBMASTER TOOLS adalah fasilitas / alat yang disediakan oleh google untuk memonitor situs / blog kita yang akan sangat membantu kita dalam mengoptimalkan situs /blog yang sedang dikelola. Alasan utama seorang blogger atau pengelola situs harus mendaftarkan situsnya di google webmaster tools yaitu karena google adalah mesin pencari terbesar di internet jadi tentunya setiap situs berlomba-lomba untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari google agar bisa meningkatkan trafik pengunjung situs. Selain itu pada google webmaster tools juga tersedia banyak fitur pengelolaan situs yang akan sangat dibutuhkan diantaranya yaitu fitur Remove url untuk menghapus URL yang sudah rusak atau 404 di google index, fitur Crawl Errors untuk mengetahui url situs yang rusak, fitur Sitemaps untuk menambahkan peta situs, fitur Fetch as Google untuk meminta google merayapi url situs dan masih banyak lagi fitur-fitur bermanfaat lainnya.

Pastinya setelah mengetahui manfaat-manfaat dari Google Webmaster Tools yang telah dijelaskan diatas teman-teman selaku pengelola situs yang belum mendaftar di google webmaster tools tertarik juga untuk segera mendaftar dan menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Oleh sebab itu silahkan teman-teman simak penjelasan berikut ini tentang Cara Daftar GOOGLE WEBMASTER TOOLS Terbaru dan Lengkap.


1. Cara Daftar Situs / Blog Ke Google Webmaster Tools

- Log In ke alamat Google Webmaster Tools menggunakan akun Gmail. Jika teman-teman belum memiliki akun Gmail silahkan mendaftar terlebih dahulu
- Selanjutnya teman-teman akan otomatis dibawah ke halaman Search Console google webmaster tools, disana teman-teman pilih pilihan Situs Web dan isikan alamat situs / blog yang ingin teman-teman daftarkan pada kotak isian ( https://www.example.com/ ) jika situs / blog teman-teman tidak menggunakan https maka silahkan teman-teman menggunakan http dan Klik ADD A SITE.


2. Cara Verifikasi Situs / Blog Pada Google Webmaster Tools

Setelah menyelesaikan langkah ADD A SITE pada google webmaster tools maka teman-teman akan otomatis di bawa ke bagian verifikasi kepemilikan situs. Pada bagian verifikasi ada 2 Metode, yaitu Recommended Method dan Alternate Methods.

Recommended Method : Pada Recommended Method teman-teman harus mendownload file html di nomor 1, dan setelah upload ke folder root website teman-teman melalui FTP atau teman-teman upload melalui file manager di cPanel hosting yang teman-teman gunakan, setelah upload selesai silahkan klik tombol Verifiy.

Alternate Method : Pada Alternate Methods terdapat 4 pilihan, Untuk CMS WordPress atau Blogger bisa menggunakan metode yang ini dan memilih pilihan HTML tag dengan menggunakan salah satu cara dibawah ini :

- Pada WordPress.com (WordPress gratisan), teman-teman copy kode tersebut dan masukkan ke menu Tools dan masukkan di kolom Webmaster Tools Google dan setelah itu aktifkan.

- Pada Blogger.com, teman-teman copy kode tersebut dan masuk ke dashboard akun blogger kemudian klik menu Template » Edit HTML dan paste kode verifikasi tepat dibawah tag <head> dan setelah itu simpan dan verifikasi.

- Pada WordPress Self Hosted, silahakan copy kode HTML tag dan masuk ke admin area WordPress, klik menu Appearance » Editor dan cari file header.php dan paste kode tersebut di bawah kode tag <head> dan setelah itu klik tombol “update file” dan lakukan verifikasi.

- Pada WordPress untuk self hosted dan menggunakan All in One SEO, teman-teman bisa memasukkan ke setingan All in One SEO di menu All in One SEO dan cari “Webmaster Verification” masukkan pada kolom “Google Webmaster Tools”, setelah itu klik “Save Settings” dan kembali ke Webmaster Tools untuk melakukan verifikasi. (Cukup teman-teman masukkan kode yang berada diantara tanda petik (“) dalam Content=”cukup bagian ini kode yang dimasukkan“/>)

- Pada plugin SEO by Yoast silahkan paste kode tersebut di bagian pengaturan di menu SEO » General » Webmaster Tools dan masukkan pada kolom “Google Search Console” jangan lupa klik “Save Settings” dan kembali ke Webmaster Tools dan lakukan verifikasi. (Cukup masukkan kode yang berada diantara tanda petik (“) dalam Content=”cukup bagian ini kode yang dimasukkan“/>)


3. Cara Menambahkan Sitemaps Pada Google Webmaster Tools

Jika proses verifikasi di atas telah teman-teman selesaikan dan berhasil maka akan tampil tab baru yang menampilkan centang hijau yang menandakan verifikasi kepemilikan situs telah berhasil. Langkah selanjutnya teman-teman perlu menambahkan Sitemaps pada google webmaster tools. Dengan langkah-langkah sebagai berikut :

- Masuk ke menu Crawl
- Pilih Sitemaps
- Maka akan muncul tampilan sitemaps. Dipojok kanan atas klik kotak berwarna merah dengan tulisan Add/Test Sitemap
- Setelah itu isikan kode dibawah ini lalu klik Submit Sitemap

feeds/posts/default?orderby=updated

- Klik lagi tombol Add/Test Sitemap
- Isikan lagi kode dibawah ini lalu klik Submit Sitemap
sitemap.xml

- Setelah berhasil terkirim, google akan menunda sementara waktu pengindex-an. Waktunya paling cepat +- 24 jam sejak disubmit.


Selain dua kode diatas, sebagai tambahan teman-teman juga dapat menambahkan kode dibawah ini pada Sitemap dengan langkah-langkah yang sama :

- Jika postingan blog / situs teman-teman masih kurang dari 500 artikel namun jumlahnya sudah ratusan, bisa menggunakan kode ini
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

- Jika postingan blog / situs teman-teman lebih dari 500 dan dibawah 1000, masukkan kode ini satu persatu
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

dan

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000

- Jika postingan blog / situs lebih dari 1000, gunakan metode diatas untuk setiap kelipatan 500 artikel


Sekian artikel tentang "Cara Daftar GOOGLE WEBMASTER TOOLS Terbaru dan Lengkap", semoga dapat dengan mudah teman-teman ikuti langkah demi langkahnya. Semoga juga artikel postingan ini dapat berguna dan banyak membantu sesama teman-teman blogger semua. Salam Blogger :)


2 Responses to "Cara Daftar GOOGLE WEBMASTER TOOLS Terbaru dan Lengkap"

  1. Google Webmaster tools emang senjata awal bagi blogger om,, makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap sama-sama :)

      Thanks juga sudah mampir di situs WebBudi.com !

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.