Channel Youtube - Budi Yanto

Translate

Ads

Judi Bola

Tips Membeli dan Cek Notebook / Laptop Second



Tips Membeli dan Cek Notebook / Laptop Second


Hallo teman-teman pengunjung setia blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com !
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada teman-teman pengunjung semua mengenai Tips Membeli dan Cek Notebook / Laptop Second . Tips yang akan saya bagikan kali ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi saya sendiri saat ingin membeli laptop second yang bagus, murah dan sesuai dengan kebutuhan saya. 




Ngomong-ngomong sebelum kita membahas lebih detail seputar artikel Tips Membeli dan Cek Notebook / Laptop Second , perlu teman-teman ketahui bahwa artikel yang saat ini teman-teman baca dibuat menggunakan Netbook Second yang baru-baru ini saya beli dan sekaligus yang menginspirasi saya membuat serta membagikan ceritanya kepada teman-teman semua.

Awalnya saya biasa ngeblog / membuat artikel menggunakan laptop lama milik kakak saya yang berukuran 14 inch, tetapi berhubung laptop yang saya gunakan tergolong laptop yang sudah lama jadi memiliki beberapa kendala atau kekurangan. Sebenarnya untuk persoalan kinerja laptop lama yang saya gunakan tidaklah buruk yaitu dengan prosesor core i3 dan RAM 2 GB tetapi kendalanya terdapat pada ukuran laptop yang besar dan berat ditambahlagi dengan kualitas baterainya yang sudah menurun (dicharger 3jam full tetapi hanya bisa digunakan selama 1jam) dan yang lebih utamanya lagi yang memaksa saya membeli laptop baru yaitu laptop tersebut milik kakak saya dan kebetulan beliau ingin kembali menggunakan laptopnya untuk keperluan-keperluannya dalam jangka waktu yang lama sehingga tidak memungkinkan untuk saya dapat berbagi dengannya dalam hal mengoperasikan laptop tersebut terutama dalam waktu yang bersamaan. 

Akhirnya kemarin tepat tanggal 8 september 2016, saya memutuskan untuk membeli laptop lagi untuk saya gunakan pribadi agar bisa ngeblog dan berbagi dengan teman-teman melalui artikel dan youtuber di Channel Budi Yanto . Karena budget uang yang saya miliki tidak terlalu besar yang bisa disebut pas-pasan untuk alokasi laptop pengganti akhirnya saya putuskan untuk membeli laptop second saja dan akhirnya pada tanggal 10 september 2016 , saya telah berhasil memiliki laptop pengganti. Bagaiman Tips Membeli dan Cek Notebook / Laptop Second dari saya ?
Silahkan teman-teman ikuti petunjuk-petunjuknya berikut ini :

Tips Membeli / Memilih Laptop / Notebook Second
  1. Tentukan terlebih dahulu Notebook / Laptop Second seperti apa yang teman-teman butuhkan, contohnya pada pengalamana sebelumnya saya menginginkan laptop pengganti yang lebih ringan dengan performa baterai bagus yang tahan lebih lama. Saya pun mencari referensinya di www.google.com
  2. Karena saat ini masih sulit didapati tempat penjualan laptop second langsung jadi teman-teman dapat menggunakan jasa toko online untuk mengecek laptop second yang teman-teman butuhkan karena di media / toko online tidak sedikit pula para pedagang online yang menjual barang-barang / laptop second. Teman-teman bisa cek di OLX.CO.ID , BukaLapak.com , dsb .
  3. Jika teman-teman memutuskan untuk membeli di Toko Online, teman-teman harus lebih hati-hati. Yang harus teman-teman perhatikan adalah pertama toko penjual apakah sudah ada pelanggan yang pernah membeli di toko onlinenya, jika ragu langsung ajak COD atau ketemuan untuk melihat dan mengecek secara langsung barang yang dijualnya (ajaklah sipenjual ketemuan ditempat yang lebih aman untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa menimpah kita sebagai calon pembeli bisa di mall, rumah makan atau tempat-tempat yang ramai tetapi memiliki fasilitas santai bisa duduk dan ngobrol untuk diskusi barang yang akan dibeli)
  4. Karena yang akan teman-teman cari kali ini adalah laptop / Notebook dengan kondisi second jadi jika memungkinkan pilihlah laptop / notebook yang statusnya belum lama second dalam artian laptop / notebook tersebut yang bisa dibilang masih keluaran baru jadi lebih terjamin untuk kondisi perangkat mesin yang ada didalamnya. Misalkan laptop / notebook yang belum lama dibeli sipenjual kurang dari 1 tahun, bisa yang baru bekas 5 bulan, 6 bulan, dsb. Dengan demikian kalo memang ternyata ada kendala teman-teman masih bisa untuk mengambil garansi resmi service dari laptop / notebook  tersebut yang biasanya rata-rata garansi dari notebook / laptop baru 1 tahun dari tanggal pembelian produk. 

Yang Perlu Dicek Saat Membeli / Memilih Laptop / Notebook Second
  1. Cek kondisi fisik dari laptop / netbook second yang akan dibeli, jangan sampai ada kerusakan / cacat fisik yang fatal dari unit laptop / netbook tersebut. Jangan sampai ada penyok, retak, patah, dan pecah baik dari bagian body samping-atas-bawah-lcd dan keseluruhan laptop / notebook. Tetapi jika hanya sekedar lecet pemakaian saya rasa itu tidak terlalu bermasalah karena kali ini yang kita bahas adalah laptop / notebook dengan kondisi bekas / second .
  2. Periksa spesifikasi laptop / notebook, pastikan spek laptop / notebook sesuai dengan informasi / spek yang seharusnya dimiliki untuk produk dan seri laptop tersebut. Caranya Klik Kanan Icon My Computer / This PC >>> Pilih dan Klik Properties >>> Samakan spek prosesor dan Ram yang tertera di keterangan. Untuk ukuran kapasitas hardisk bisa dilihat langsung dengan membuka My Computer / This PC dengan menggabungkan total kapasitas Drive yang ada Drive C , Drive D dan sebagainya. 
  3. Periksa seluruh port yang ada pada laptop / netbook, pastikan semuanya masih berfungsi dengan baik dari port USB, port headset, port memory, port VGA / HDMI, dsb.
  4. Periksa charger laptop / notebook, pastikan charger masih bekerja dan berfungsi dengan baik termasuk lampu indikator pada charger dan laptop.
  5. Periksa kondisi baterai laptop / notebook, pastikan masih berfungsi dengan baik dan tidak low bat. Cek nilai persentase baterai saat dinyalakan dan main / operasikan laptop dalam durasi sekitar 30 menit - 1 jam atau lebih bisa dengan memutar musik, browsing dan lain-lain. Dengan bekitu teman-teman akan dapat mengambil kesimpulan apakah daya baterai masih tangguh atau sudah cepat low bat.
  6. Periksa seluruh tombol keyboard yang ada pada laptop / notebook, pastikan semua tombol pada keyboard masih berfungsi dengan baik dari tombol ketik, angka, symbol, spasi, backspace, enter, scrool sampai dengan tombol kombinasi dan tombol fungsi Fn dan Ctrl, Shift dengan bantuan media aplikasi ketik bisa dengan notepad, microsoft office, dsb. Pastikan tidak ada yang error maupun kontak.
  7. Periksa track pad laptop / notebook, test dengan klik kiri - klik kanan dan mainkan fungsi kursor mouse yang tersedia pastikan tidak ada yang macet dan semua berfungsi dengan baik.
  8. Yang cukup penting periksa LCD / LED dari perangkat laptop / notebook pastikan tidak terdapat cacat seperti dot / dead pixel pada layar LCD / LED laptop dengan mengamati tampilan pada LCD / LED laptop saat dalam keadaan menyala dan mati. Bisa juga dengan memanfaatkan fitur yang ada pada situs cek dot / dead pixel lcd dengan mengganti-ganti warna tampilan dan amati lcd apakah ada dot / dead pixel. Salah satu situs dead pixel test >>> http://iphonedpt.awardspace.com/

Sekian artikel pembahasan tentang Tips Membeli dan Cek Notebook / Laptop Second , semoga akan dapat bermanfaat untuk teman-teman pengunjung semua terutama teman-teman yang juga kebetulan sedang ingin membeli dan mencari laptop / netbook second. Ingat selalu berhati-hati dalam memilih dan yang teliti ya teman-teman  (^-^)

0 Response to "Tips Membeli dan Cek Notebook / Laptop Second"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Ads

Bola Tangkas
Back to top