Channel Youtube - Budi Yanto

Translate

Krakatau Steel Peduli Masyarakat



Krakatau Steel Peduli Masyarakat



Hallo teman-teman pengunjung setia blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com !
Saya harap kita semua selalu dalam kondisi yang sehat dan selalu berbahagia :) .
Pada informasi artikel kali ini, kita akan membahas tema "Krakatau Steel Peduli Masyarakat" dalam rangka memeriahkan Hari Jadi PT. Krakatau Steel & Grup, Hari Jadi Serikat Karyawan Krakatau Steel, serta HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.






PT Krakatau Steel adalah perusahaan baja terbesar di Indonesia. BUMN yang berlokasi di Cilegon, Banten ini berdiri pada tanggal 31 Agustus 1970. Produk yang dihasilkan adalah baja lembaran panas, baja lembaran dingin, dan baja batang kawat. Hasil produk ini pada umumnya merupakan bahan baku untuk industri lanjutannya. Mengingat PT Krakatau Steel telah berdiri sejak tahun 1970 tentunya perusahaan BUMN ini juga memiliki sejarahnya sendiri, berikut ini akan kita ulas sejarah singkat dari PT Krakatau Stell .

Sejarah Singkat PT Krakatau Stell

Di suatu masa pada tahun 1960, Presiden Soekarno mencanangkan Proyek Besi Baja Trikora untuk meletakkan dasar industri nasional yang tangguh. Sepuluh tahun kemudian tepatnya 31 Agustus 1970, berdirilah PT Krakatau Steel (Persero) yang memanfaatkan kembali peralatan-peralatan dari proyek itu yang berbentuk pabrik kawat baja, pabrik baja tulangan dan pabrik baja profil. Pada 1977, Presiden Suharto meresmikan mulai beroperasinya produsen baja terbesar di Indonesia ini.

Perkembangan Krakatau Steel sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri baja berlangsung cukup maju. Dalam kurun waktu kurang dari sepuluh tahun, Perseroan sudah menambah berbagai fasilitas produksi seperti Pabrik Besi Spons, Pabrik Billet Baja, Pabrik Batang Kawat, serta fasilitas infrastruktur berupa pusat pembangkit listrik, Pusat Penjernihan Air, pelabuhan khusus Cigading dan sistem telekomunikasi. Dengan perkembangan ini, PT Krakatau Steel (Persero) menjadi satu-satunya perusahaan baja yang terpadu di Indonesia.

Tidak berhenti di sana, Perseroan terus mengembangkan produksi berbagai jenis baja untuk bermacam keperluan, seperti baja lembaran panas, baja lembaran dingin dan batang kawat. Saat ini, Krakatau Steel memiliki kapasitas produksi baja kasar sebesar 2,45 juta ton per tahun untuk mendukung produksi baja tersebut. Dan dengan sepuluh anak perusahaan Krakatau Steel sanggup mendiversifiasi usahanya pada usaha-usaha penunjang yang menghasilkan berbagai produk baja bernilai tambah tinggi seperti pipa spiral, pipa ERW, baja tulangan, baja profil, meyediakan industri utilitas (air bersih, tenaga listrik), industri infrastruktur (pelabuhan, kawasan industri), industri jasa teknik (konstruksi, rekayasa), teknologi informasi, serta menyediakan layanan kesehatan (rumah sakit). Produk- produk baja Krakatau Steel ini tak hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan baja nasional, tetapi juga dipasarkan secara internasional.

Kemampuan teknis Krakatau Steel yang tinggi sudah diakui menurut standar internasional sejak dahulu kala. Bahkan pada tahun 1973 Perseroan sudah memperoleh Sertifikat ASTM A252 dan AWWA C200, serta pada tahun 1977 memperoleh Sertifiat API 5L untuk produksi pipa spiral. Sertifikat ISO 9001 diperoleh PT Krakatau Steel (Persero) pada tahun 1993 dan telah ditingkatkan menjadi ISO 9001:2000 pada tahun 2003. Sementara itu, SGS internasional memberikan Sertifiat ISO 14001 pada tahun 1997 atas komitmen Perseroan pada kesadaran lingkungan dan keselamatan kerja.

Pada 10 November 2010, di tengah kondisi pasar yang masih bergejolak, PT Krakatau Steel (Persero) berhasil menjadi perusahaan terbuka dengan melaksanakan penawaran umum perdana (IPO) dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Pada tahun 2011, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. membukukan pendapatan bersih sebesar Rp17,9 triliun dan laba bersih Rp 1,02 triliun. Pada tahun 2011, Perseroan dan anak perusahaan dengan aset senilai Rp21,5 triliun memiliki 8.023 orang karyawan.

Pada 26 November 2014, Krakatau Steel meresmikan pabrik pipa baja kedua milik anak perusahaannya PT KHI Pipe Industry di Cilegon, Jawa Barat. Dengan beroperasinya pabrik baru ini, PT KHI bakal menjadi produsen pipa baja terbesar di Indonesia, pabrik ini fokus membuat pipa baja untuk sektor industri minyak dan gas (migas).

Selain itu sampai saat ini PT. Krakatau Steel telah berhasil membentuk sebuah keluarga besar yang terdiri dari anak-anak perusahaan (PT KHI Pipe Industry, PT Krakatau Wajatama, PT Krakatau Engineering, PT Krakatau Bandar Samudra, PT Krakatau Information Technology, PT Krakatau Industrial Estate Cilegon, PT Krakatau Daya Listrik, PT Krakatau Tirta Industri, PT Krakatau Medika, PT Meratus Jaya Iron & Steel), sejumlah institusi mulai dari Primkokas hingga SKKS (Serikat Karyawan Krakatau Steel), dan para stakeholder.

Krakatau Steel Peduli Masyarakat

IISIA Melalui PT KS Memberikan Santunan Anak Yatim di Pulo Gadung


Bertempat di Kelurahan Pulo Gadung, Jakarta Timur, pada Jumat 17 Oktober 2014, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. mewakili Indonesia Iron and Steel Industry Associations (IISIA), memberikan donasi kepada 100 anak yatim berupa santunan dan peralatan sekolah dengan total donasi sebesar Rp20.000.000. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PT KS dan IISIA dalam lingkungan sekitar yang membutuhkan. Pemberian bantuan ini dilaksanakan oleh Vice President to Marketing Director PT KS R. Budi Raharjo dengan disaksikan oleh Lurah Kelurahan Pulo Gadung.

Lurah Kelurahan Pulo Gadung menyambut baik donasi tersebut dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa semoga pemberian donasi ini dapat memberikan manfaat dan membesarkan hati anak-anak yatim yang tinggal di sekitar kawasan Kelurahan Pulo Gadung. Semoga PT KS yang diberikan amanah oleh IISIA sebagai pemberi bantuan bisa terus sukses dan maju sehingga bisa terus memberikan santuan dan dukungan kepada anak-anak yatim lainnya.

R. Budi Raharjo dalam sambutannya mengatakan, “menyadari bahwa kedekatan Rasulullah SAW dengan anak yatim adalah seperti jari telunjuk dan jari tengah, maka IISIA melalui PT KS mengharapkan doa dari anak-anak yatim tersebut agar --PT KS berkembang terus dan menjadi pabrik baja yang disegani di dunia--, dapat diijabah oleh Allah SWT”. Semoga donasi ini pun bisa memberikan motivasi kepada anak-anak yatim untuk terus semangat belajar, tidak berkecil hati, dan mampu meraih semua yang dicita-citakannya kelak. (WI)

Krakatau Steel Peduli Masyarakat juga telah beberapa kali mengadakan berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya diantaranya : Krakatau Steel Kembangkan Usaha Kecil Masyarakat Waringin Kurung - BMKSG Salurkan Zakat Fitrah Karyawan Krakatau Steel Kepada Kaum Dhuafa di Kota Cilegon - Krakatau Steel Group Berbagi Bersama Kaum Dhuafa di Bulan Ramadhan - FKDKM Krakatau Steel Group Adakan Sahur Bersama 1000 Jamaah dan Berikan Santunan Kepada Anak Yatim - PT KS Kembali Berikan Beasiswa Ikatan Dinas Kepada Mahasiswi Untirta - Krakatau Steel Gandeng SMK, Siapkan SDM Handal dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya yang diadakan Krakatau Steel dalam perwujudan peduli masyarakat.

Baca Juga : Kontes SEO Milad KS-SKKS 2016

Sekian informasi artikel kali ini yang bertema Krakatau Steel Peduli Masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Jadi PT. Krakatau Steel & Grup, Hari Jadi Serikat Karyawan Krakatau Steel, serta HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga informasi artikel yang telah dibagikan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan dari saya pribadi mengucapkan Selamat Hari Jadi Kepada PT. Krakatau Steel & Grup, Serikat Karyawan Krakatau Steel (SKKS) serta HUT Kemerdekaan Republik Indonesia - Semoga bisa semakin maju dan sukses untuk kedepannya.

4 Responses to "Krakatau Steel Peduli Masyarakat"

  1. Tulisannya sangat menarik mas Darwin. Blogger darimana mas kalau boleh tau??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba Tetrta Anjani, Terima kasih untuk pujiannya dan telah mampir di blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com .

      Blogger dari palembang mba Tetrta Anjani dari hasil belajar otodidag sama kak Google (^-^)

      Mari ikutan gabung meramaikan kontes SEO blog dengan tema "Krakatau Steel Peduli Masyarakat ".

      Hapus
  2. Hay mas darwin, akhirnya saya dapat temen dari sumatra.. salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas, terima kasih telah berkunjung di blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com .

      Salam kenal juga (^-^)

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close