Mau Sewa Space Iklan?


PASANG IKLAN DISINI
*Hanya Rp50.000

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)


Advertisement

Translate

Cara Daftar Google Analytics dan Cara Pasang Kode Google Analytics di Blog




Cara Daftar Google Analytics dan Cara Pasang Kode Google Analytics di Blog






Hallo teman-teman blogger dan para pengunjung setia blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com !
Pada kesempatan kali saya akan membagikan sebuah artikel tentang bagaimana Cara Daftar Google Analytics dan Cara Pasang Kode Google Analytics di Blog ?
Sebelum kita masuk ke pokok pembahasan mengenai Cara Daftar Google Analytics dan Cara Pasang Kode Google Analytics di Blog , ada baiknya kita ketahui dulu apa itu Google Analytics dan apakah teman-teman blogger juga perlu untuk mendaftar google analytics untuk blog yang sedang dikelola saat ini ?



Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Salah satu contoh dan manfaatnya yaitu jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat google.com/analytics/ . Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.

Bagaiman setelah teman-teman blogger mengetahui apa itu google analytics, apakah teman-teman juga ingin mencoba untuk ikut mendaftar dan menggunakan fitur atau layanan google analytics ini pada blog/website yang sedang teman-teman kelola ?
Silahkan teman-teman putuskan sendiri jawabannya, jika teman-teman tertarik untuk ikut mencoba daftar google analytics. Mari simak pembahasan artikel selanjutnya, mengenai Cara Daftar Google Analytics dan Cara Pasang Kode Google Analytics di Blog , berikut ini :

Cara Daftar Google Analytics

  1. Silahkan teman-teman kunjungi halaman Googel Analiytics, bisa melalui link berikut ini >>> google.com/analytics/ .
  2. Setelah berada pada halaman google analytics, klik link MASUK yang berada di bagian pojok kanan-atas.
  3. Klik PENDAFTARAN untuk membuat akun analytics baru.
  4. Setelah teman-teman masuk, selanjutnya lengkapi formulir pendaftaran.
  5. Pastikan opsi pendaftaran google analytics yang teman-teman pilih adalah WEBSITE bukan APLIKASI.
  6. Geser kebagian bawah, teman-teman akan memilih opsi dari google analytics dan pastikan pilih yang UNIVERSAL ANALYTICS karena fiturnya lengkap dan sama gratisan.
  7. Selanjutnya klik setuju pada Tab PRIVACY POLICE yang tampil.
  8. Setelah teman-teman klik SETUJU, maka teman-teman akan dibawa kehalaman akun teman-teman, dan akan ada kode analytics yang teman-teman harus pasang pada blog/website yang dikelola.
  9. Silahkan copy kode tersebut

Cara pasang ID Tracking Google analytics pada blog

  1. Masuk pada akun blogger teman-teman, bisa melalui link berikut ini www.blogger.com
  2. Pilih menu TEMPLATE
  3. Pilih EDIT TEMPLATE
  4. Cari kode pada blog teman-teman dan paste kode analytics tepat diatas kode
  5. Simpan Perubahan
  6. Coba buka kembali halaman google analytic dan tekan F5 dan lihat apakah ada pemberitahuan KODE PELACAKAN berhasil atau tidak
  7. Jika belum berhasil, silahkan teman-teman coba alternatif berikut ini
  8. <script type="text/javascript">   var _gaq = _gaq || [];   _gaq.push(['_setAccount', 'UA-????????-?']);   _gaq.push(['_trackPageview']);   (function() {     var ga = document.createElement('script'); ga.type = 'text/javascript'; ga.async = true;     ga.src = ('https:' == document.location.protocol ?  'https://ssl' : 'http://www') + '.google-analytics.com/ga.js';     var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s);   })(); </script>
  9. Ganti kode UA-????????-? dengan ID pelacakan teman-teman
  10. Hapus kode diatas yang sebelumnya teman-teman pasang dan ganti dengan kode script diatas
  11. SIMPAN TEMPLATE
  12. Coba tekan F5 kembali pada halaman google analytics, semoga dapat berhasil

Sebenarnya selain memasang kode google analytics pada template blog, teman-teman juga bisa memasang ID pelacakan melalui Menu Pengaturan yang ada pada halaman blogger.com >> lalu pilih menu lainnya >> pada kolom google analytics masukan kode PELACAKAN TEMAN-TEMAN UA-????????-? pada kotak isian Analytics Web Property ID ? >> lalu pilih simpan pengaturan.

Dengan terpasangnya id pelacakan pada blog teman-teman maka teman-teman bisa mengetahui trafik dari blog/website yang dikelola dan tetunya blog/website yang teman-teman kelola sudah lebih SEO. Sekian artikel tentang "Cara Daftar Google Analytics dan Cara Pasang Kode Google Analytics di Blog" , semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman blogger semua.
Salam Blogger untuk kita semua ! (^-^)

0 Response to "Cara Daftar Google Analytics dan Cara Pasang Kode Google Analytics di Blog"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.