Placing Ads / Pemasangan Iklan

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)

Translate

Cara Praktis Setting Macintosh Mac iMac Seperti Baru Tanpa Instal Ulang



Cara Praktis Reset Setting Macintosh Pada Macbook dan iMac Seperti Baru Tanpa Harus Instal Ulang Sistem Operasi



Seiring dengan perkembangan teknologi dan usaha seringkali para pengguna perangkat apple menginginkan kinerja perangkat yang digunakannya lebih cepat dan efisien. Oleh sebab itu para produsen teknologi komputer terutama apple selalu memberikan produk-produk update yang mengimbangi dan memanjakan kebutuhan para penggemarnya. Termasuk juga pada penggunaan perangkat macintosh apple baik macbook maupun imac, bisa dibilang sudah sangat meningkat pesat. Sehingga tidak jarang kita bisa menjumpai teman-teman kita yang banyak menggunakan produk-produk apple ini. 


Seperti yang telah disebutkan diatas jika perkembangan teknologi selalu update, sehingga jika ada keluaran produk-produk terbaru tentunya para pengguna perangkat apple ingin melakukan update perangkat yang dimilikinya dengan perangkat keluaran yang baru. Tidak hanya sekedar untuk memanjakan keinginan semata tetapi update perangkat terbaru juga diperlukan untuk mendapatkan produk yang lebih efisien dan canggih tentunya agar dapat lebih membantu pekerjaan-pekerjaan yang membutukan kinerja perangkat yang lebih tinggi. Tetapi saat ingin melakukan update perangkat baru tentunya sebagian dari kita ada yang perlu menjual terlebih dahulu perangkat lama yang digunakan sehingga membutuhkan pengetahuan dan tips untuk meningkatkan nilai jual perangkat lama. Salah satunya dengan melakukan reset terlebih dahulu pada perangkat lama agar perangkat lebih ringan seperti penggunaan baru, sehingga memiliki daya jual yang lebih menjanjikan.

Selain itu pada setiap penggunaan perangkat biasanya kita juga ditemukan dengan beberapa kesalahan penggunaan baik yang disengaja atau tidak, contohnya kesalahan dalam setting ataupun penginstalan aplikasi yang salah sehingga perangkat yang digunakan error bahkan ada yang virusan. Sehingga kita juga perlu untuk melakukan perbaikan perangkat lunak seperti reset ke pengaturan awal perangkat. Tetapi tidak seperti perangkat apple iphone dan ipad yang memiliki fitur reset all setting pada menu settingnya. Pada perangkat apple Macbook dan iMac yang menggunakan sistem operasi Macintosh jika kita menginginkan perangkat yang sudah lama digunakan untuk direset kepengaturan awal / seperti baru, teman-teman harus melakukan instal ulang sistem operasi telebih dahulu pada perangkat apple Mac dan iMac yang dipakai.

Tetapi untuk teman-teman yang membutuhkan cara yang lebih praktis agar perangkat macintosh macbook dan imac kembali seperti settingan awal tanpa harus repot-repot instal ulang sistem operasi macintoshnya dapat mencoba tips praktis yang akan saya bagikan kali ini. Yaitu dengan memanfaatkan fitur Account Baru pada perangkat Macbook dan iMac karena pada account baru tentunya semua settingan pengaturan akan kembali fresh hampir seperti saat pertama kali digunakan. Tetapi yang perlu diingat untuk account baru yang akan dibuat harus menggunakan pilihan Administrator / Admin. Silahkan teman-teman ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mencobanya :
  1. Pada tampilan desktop MacBook yang telah dinyalakan, pilih dan klik menu berlogo Apple yang ada dibagian kiri-atas tampilan desktop.
  2. Pilih Submenu System Preferences...
  3. Pada Tab System Preferences yang tampil, pilih Users & Groups.
  4. Jika pengaturan Account pada Tab Users & Groups dalam keadaan terkunci, silahkan dibuka terlebih dahulu dengan mengklik ikon gembok yang ada disebelah kiri-bawah pengaturan, kemudian masukkan password yang dipakai dan pilih Unlock. 
  5. Setelah kunci pengaturan account terbuka, buat account baru dengan mengklik ikon tanda + yang ada dibagian atas ikon gembok yang telah terbuka tadi.
  6. Setting account baru yang akan dibuat, pilih pilihan New Account sebagai Administrator, isi kotak Full Name dengan nama akun baru yang ingin dibuat, pada pilihan Password pilih optional Use separate password, isikan password yang ingin digunakan untuk akun baru pada kotak isian password dibawahnya dan ketikkan konfirmasi password yang sama, isi kotak penggingat password boleh dengan sebuah pertanyaan, setelah selesai pilih Create User. 
  7. Setelah pembuatan account Admin baru selesai, silahkan restart terlebih dahulu perangkat apple macbook atau imac yang digunakan.
Setelah Macintosh selesai merestart perangkat maka teman-teman akan melihat ada 2 tampilan Account Admin pada perangkat apple Macbook dan iMac yang telah disetting tadi. Untuk tahap penyelesaiannya silahkan teman-teman hapus akun administrator yang lama dan menggunakan account administrator baru yang telah dibuat tadi. Silahkan teman-teman ikuti petunjuk pada link artikel sebelumnya untuk menghapus akun administrator lama yang tidak ingin digunakan lagi : http://gudang-pengetahuanmu.blogspot.co.id/2016/02/menghapus-user-account-pada-macbook.html

Note : Jika perangkat Macbook dan iMac yang dimaksud ingin dipindah tangankan atau dijual, teman-teman jangan lupa untuk menghapus terlebih dahulu data-data, foto, serta dokumen-dokumen penting yang ada di perangkat Macbook dan iMac. Serta melakukan Sign Out pada akun-akun seperti iCloud dan Mail yang masih terkait pada perangkat Macbook dan iMac yang digunakan. Agar semua data dan akun pribadi kita tidak disalah gunakan ketika komputernya telah berpindah tangan / terjual pada orang lain.

Sekian artikel tentang " Cara Praktis Setting Macintosh Pada Macbook dan iMac Seperti Baru Tanpa Harus Instal Ulang Sistem Operasi " , semoga dapat menambah pengetahuan tips-tips penggunaan apple teman-teman dan dapat menjadi solusi praktis bagi teman-teman sebelum repot-repot melakukan instal ulang sistem operasi yang akan memakan waktu lama dan membutuhkan biaya lebih. Silahkan teman-teman bertanya pada kolom komentar yang ada dibawah, jika ada yang kurang dimengerti tentang langkah-langkah dari petunjuk tutorial diatas.

0 Response to "Cara Praktis Setting Macintosh Mac iMac Seperti Baru Tanpa Instal Ulang"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close