Channel Youtube - Budi Yanto

Translate

Cara Kirim Data Foto Dari iPhone iPad Menggunakan AirDrop



Cara Kirim Data Foto Dari iPhone dan iPad Menggunakan AirDrop Dengan Koneksi Wi-fi dan Bluetooth




Pada perangkat iPhone dan iPad keluaran dari Apple memang dikenal sedikit susah jika ingin transfer data ke smartphone android baik menggunakan bluetooth. Karena bluetooth pada perangkat apple iPhone dan iPad lebih difungsikan sebagai media koneksi antara perangkat iPhone ataupun iPad dengan aksesoriesnya seperti earphone bluetooth, headset bluetooth, speaker bluetooth dan aksesories bluetooth lainnya.

Tetapi beda halnya dengan sesama pengguna perangkat apple iPhone dan iPad bisa melakukan sharing / transfer data foto. Untuk melakukan sharing / transfer foto dari iPhone dan iPad ke perangkat apple lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan fitur AirDrop. Fitur AirDrop yang ada pada perangkat apple Macbook, iPad, iPhone bekerja dengan mempadukan fungsi bluetooth dan wi-fi sehingga perangkat dapat berbagi foto kesesama pengguna apple yang juga menggunakan fitur AirDrop ini tentunya.

Pada beberapa kasus sering terdengar fungsi AirDrop pada perangkat iPhone dan iPad tidak bisa digunakan ataupun sangat sulit digunakan. Sebenarnya tidaklah demikian, penggunaan AirDrop ini bisa dibilang sangat sederhana dan mudah, hanya saja harus memenuhi syarat yang ada. Syaratnya yaitu koneksi perangkat bluetooth dan wi-fi pada perangkat apple iPhone iPad yang digunakan haruslah dalam keadaan bagus / tidak rusak, selain itu penggunan fugsi AirDrop ini akan lebih kompetibel jika digunakan pada perangkat dengan sistem operasi IOS yang sama ataupun setidaknya sekarang minimal dapat bekerja di IOS 8 dan IOS 9 terbaru.

Untuk cara mengecek IOS yang dipakai pada perangkat apple iPhone dan iPad yang kita gunakan saat ini dapat dicek dengan cara sebagai berikut. Buka Aplikasi Settings yang ada pada perangkat iPhone dan iPad >> Pilih Menu General >> Pilih pilihan About yang ada pada urutan pertama pada Tab General >> Setelah Menu About pada perangkat tampil, kita dapat melihat spesifikasi detail dari perangkat iPhone dan iPad yang digunakan, perhatikan pada bagian Version untuk membaca IOS yang dipakai. Contohnya : Version 9.0.2 (13A452) berarti IOS yang digunakan pada perangkat yaitu IOS 9.0.2.

Selanjutnya kita masuk ketahap berikutnya yaitu langkah-langkah menyalakan fitur AirDrop dan cara menggunakannya untuk mentransfer / mengirim foto.


Cara Menggunakan AirDrop iPhone dan iPad
  1. Nyalakan AirDrop pada iPhone / iPad, dengan mengakses menu kontrol iPhone / iPad dapat dilakukan dengan cara mengucap tampilan layar iPhone dan iPad kebagian atas. Lalu Pada menu kontrol iPhone / iPad yang tampil pilih pilihan AirDrop untuk menyalakannya dan pilih pilihan Everyone pada pilihan yang tampil agar perangkat wi-fi dan bluetooth yang dinyalakan dari fitur AirDrop dapat terlihat oleh semua perangkat apple lainnya. 
  2. Setelah perangkat AirDrop pada iPhone / iPad dinyalakan. Saatnya kita mencari dan memilih foto yang akan disharing / ditransfer ke perangkat apple lain, buka aplikasi Photos yang ada pada iPhone / iPad. Cari dan pilih foto yang akan ditransfer, kemudian pilih pilihan share / upload dengan mengklik ikon berbentuk persegi dengan tanda panah keatas.
  3. Jika AirDrop dari perangkat iPhone / iPad yang dituju juga sudah dinyalakan dan terlihat oleh semua, maka kita akan dapat melihat perangkat iPhone / iPad yang aktif dibagian shareing AirDrop. Cukup kita tab 1x pada perangkat yang dituju maka otomatis file foto yang telah dipilih akan ditransfer. Jika ada konfirmasi pengiriman pada perangkat iPhone / iPad yang dituju, silahkan setujui pengirimannya.

Karena fitur AirDrop yang digunakan pada perangkat iPhone iPad memanfaatkan koneksi Wi-fi & Bluetooth secara bersamaan sehingga daya baterai pada perangkat iPhone / iPad juga akan lebih cepat habis. Jadi yang perlu diingat, jika teman-teman telah selesai menggunakan fitur AirDrop ini jangan lupa untuk menonaktifkannya kembali untuk menjaga daya baterai perangkat iPhone / iPad teman-teman tetap hemat dan tidak cepat habis. 

Sekian artikel tentang " Cara Mengirim / Transfer Foto Dari Perangkat iPhone / iPad Dengan Menggunakan AirDrop " , semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan apple teman-teman. Silahkan bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah, jika ada yang kurang teman-teman mengerti dari penjelasan tutorial yang telah dibagikan diatas.

0 Response to "Cara Kirim Data Foto Dari iPhone iPad Menggunakan AirDrop"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close