Mau Sewa Space Iklan?


PASANG IKLAN DISINI
*Hanya Rp50.000

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)


Advertisement

Translate

Setting Smartphone Android Jadi Modem USB, Modem Wifi dan Modem Bluetooth Pada Komputer




Cara Membuat Smartphone Android Jadi Modem USB, Modem Wifi dan Modem Bluetooth Pada Komputer






Cara Setting Smartphone Android Jadi Modem USB, Modem Wifi dan Modem Bluetooth Pada Komputer dan Laptop . Seiring dengan kemajuan teknologi smartphone di kalangan masyarakat pada zaman sekarang, tentunya penggunaan smartphone bukan menjadi hal yang asing lagi bagi kita. Bahkan smartphone bisa dibilang sebagai teman baik untuk teman-teman karena hampir setiap saat, waktu teman-teman tidak terlepas dari penggunaan smartphone, baik dalam fungsi komunikasi, musik bahkan games.

Selain itu pengguna smartphone tentunya memfasilitasi smartphone yang digunakannya dengan kartu cellular yang memiliki paket data internet. Agar si pengguna juga dapat berselancar dengan jaringan internet dan dapat aktif dalam lingkaran sosial media sekarang. Dengan smartphone teman-teman dapat melakukan beberapa aktifitas dan pekerjaan ringan yang biasanya dibuat melalui komputer dengan bantuan beberapa aplikasi serupa tentunya. Tetapi untuk pekerjaan yang tergolong berat dan lebih detail serta memerlukan kinerja perangkat yang lebih tinggi teman-teman tetap harus menggunakan komputer tentunya.

Dalam penggunaan komputer dan laptop tentunya teman-teman juga sering menggunakan fasilitas internet yang biasanya dibantu dengan perangkat yang disebut modem. Tetapi seringkali kita dihadapkan dengan permasalahan modem yang rusak, putus jaringan dan untuk pengguna modem USB sering mengalami kendala modem USB yang tertinggal. Untuk permasalahan modem ini teman-teman dapat memanfaatkan smartphone android yang digunakan sebagai perangkat pengganti modem dengan memanfaatkan fitur "Tethering and Mobile Hotspot" bawaan smartphone .

Memanfaatkan smartphone sebagai modem pengganti dengan fitur "Tethering and Mobile Hotspot" memiliki 3 alternatif cara koneksi. Alternatif koneksi pertama menggunakan wifi, alternatif kedua menggunakan koneksi bluetooth sehingga komputer dan laptop yang memiliki perangkat wifi dan bluetooth dapat memanfaatkan koneksi yang dibagi oleh smartphone. Alternatif ketiga yaitu menggunakan koneksi kabel USB yang sering dimanfaatkan saat komputer dan laptop sedang mengalami trouble wifi and bluetooth serta komputer yang tidak memiliki perangkat wifi dan juga bluetooth. Silahkan teman-teman pilih alternatif koneksi yang sesuai dengan kebutuhan dan simak langkah-langkah Setting Tethering and Mobile Hotspot yang akan dibagikan berikut ini :

Wi-Fi Tethering / Mobile Hotspot

  1. Buka Smartphone Android teman-teman, Masuk ke Menu Setting >> Cari dan pilih pengaturan Tethering and Mobile Hotspot.
  2. Pilih alternatif tethering yang pertama yaitu Mobile Hotspot.
  3. Pada pengaturan Mobile Hotspot yang terbuka, Geser pilihan atau status Mobile Hotspot ke posisi ON (Jika sudah Aktif maka akan ada icon Wi-Fi Tethering nya tampil dipojok kanan-atas layar smartphone) .
  4. Jika Wi-Fi Tethering sudah aktif, silahkan gunakan perangkat Wi-Fi pada laptop / komputer teman-teman. Lalu cek Wi-Fi yang tampil, pastikan nama Mobile Hotspot dari smartphone teman-teman tadi sudah terdeteksi.
  5. Jika sudah terdeteksi tinggal pilih Connect dengan memasukkan password yang digunakan pada Mobile Hotspot Smartphone dan selesai. Silahkan teman-teman mencoba untuk internetan pada komputer yang dipakai.


Bluetooth Tethering

  1. Buka Smartphone Android teman-teman, Masuk ke Menu Setting >> Cari dan pilih pengaturan Tethering and Mobile Hotspot.
  2. Centang Pilihan Bluetooth Tethering untuk berbagi koneksi pada smartphone. (Jika sudah Aktif maka akan ada icon Bluetooth Tethering tampil dipojok kanan-atas layar smartphone) .
  3. Buka aplikasi bluetooth yang sudah terinstall di PC. Cari perangkat bluetooth tethering smartphone teman-teman yang telah diaktifkan tadi.
  4. Pilih perangkat bluetooth tethering smartphone yang telah terdeteksi, krmudian kilk next >> klik kanan >> pilih connect. Jika diminta masukan Pin masukan saja angka 1 biar mudah diingat. Masukan juga Pin bluetooth di perangkat lain yang terhubung. (Pada tahap ini jika bluetooth tethering smartphone tidak terdeteksi di komputer / laptop, sebaiknya teman-teman mengecek pengaturan bluetooth yang ada di smartphone. Lalu mengubah status koneksi bluetooth agar dapat terlihat oleh semua perangkat yang lain, dengan cara buka menu settings >> pilih bluetooth >> pada pilihan My device silahkan cetang pilihan status bluetooth smartphone yang diaktifkan agar dapat terdeteksi oleh perangkat bluetooth yang lain ) .
  5. Jika bluetooth tethering smartphone sudah berhasil connect di komputer / laptop, Silahkan teman-teman test koneksi internetnya dengan menggunakan browser yang ada di komputer dan laptop.


USB Tethering

  1. Hubungkan terlebih dahulu smartphone dengan komputer menggunakan kabel USB.
  2. Jika perangkat smartphone sudah terdeteksi di komputer atau laptop melalui kabel USB, silahkan teman-teman atur tethering smartphone menggunakan kabel USB caranya hampir sama seperti pada Wi-Fi Tethering, masuk ke Menu Settings >> Tethering and Mobile Hostpot >>  Pilih dan Centang pilihan USB Tethering.
  3. Tunggu sampai semua penginstalan driver otomatis yang berjalan pada komputer dan laptop teman-teman selesai dan tethering usb dari smartphone berhasil terkoneksi yang ditandai dengan tampilnya ikon koneksi berbentuk komputer dibagian kanan bawah Taskbar Menu.
  4. Jika sudah, silahkan teman-teman langsung mencoba untuk berinternet pada komputer dan laptop yang digunakan.


Sekian artikel tentang " Cara Setting Smartphone Android Jadi Modem USB, Modem Wifi dan Modem Bluetooth Pada Komputer dan Laptop " , semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman seputar fitur tambahan serta kelebihan dari smartphone android dan teman-teman dapat lebih memaksimalkan kelebihan-kelebihan dari smartphone yang digunakan. Jika ada yang ingin teman-teman tanyakan seputar materi pada artikel yang dibagikan kali ini, silahkan teman-teman bertanya melalui kolom komentar yang telah disediakan dibawah.

0 Response to "Setting Smartphone Android Jadi Modem USB, Modem Wifi dan Modem Bluetooth Pada Komputer"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.