Channel Youtube - Budi Yanto

Translate

Mengatur Shut Down Otomatis Pada Komputer Windows dan Laptop



Cara Setting Komputer dan Laptop Windows Agar Dapat Shut Down Otomatis






Cara Setting Komputer / Laptop Windows Shut Down Otomatis . Kalimat tersebut tentu jarang terdengar ataupun terpikirkan oleh teman-teman. Tetapi terkadang kita membutuhkan hal tersebut terutama bagi teman-teman yang sering ketiduran dan lupa mematikan komputer dan laptop saat menggunakannya di malam hari.

Mungkin banyak diantara teman-teman kita yang sering beraktivitas atau menggunakan komputer dan laptop dimalam hari. Ada yang menggunakannya untuk belajar, membuat tugas sekolah, browsing internet, menyelesaikan pekerjaan maupun hanya sekedar memutar musik dan bermain games. Pada beberapa penggunaan seperti hanya memutar musik, menunggu proses download ataupun proses penginstalan beberapa aplikasi seringkali kita menunggunya sambil bersantai dan bahkan ada yang sampai tertidur tanpa melakukan Shut Down terlebih dahulu pada komputer dan laptop yang digunakan padahal proses yang ditunggu sudah selesai.

Hal tersebut seringkali menyebabkan pemborosan, dari segi penggunaan daya listrik maupun baterai pada komputer dan laptop. Mengapa hal ini perlu menjadi perhatian penting bagi teman-teman ?

Jawabannya karena hal tersebut secara tidak langsung akan menyebabkan peningkatan penggunaan daya listrik dan otomatis menyebabkan naiknya tagihan listrik teman-teman. Untuk pengguna laptop sendiri menyebabkan daya baterainya terbuang dengan percuma dan keesokan harinya direpotkan saat ingin digunakan lagi teman-teman harus menchargernya terlebih dahulu. Sehingga menyebabkan turunnya fungsi laptop yang sebenarnya didesain untuk ke praktisan pengguna agar dapat digunakan berpindah-pindah terutama pada saat tidak adanya arus listrik.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips kepada teman-teman sebagai solusi dari permasalahan-permasalahan yang kita temukan tersebut. Yaitu dengan melakukan setting pada komputer dan laptop agar dapat melakukan Shut Down secara Otomatis dengan durasi waktu yang telah diatur. Silahkan teman-teman simak cara paling simple untuk mengatur Shut Down Otomatis Pada Komputer dan Laptop  yang telah saya pilihkan dibawah ini yaitu dengan menggunakan Perintah WScript.

Cara Setting Shut Down Otomatis Komputer dan Laptop Menggunakan Perintah WScript

Untuk mematikan atau shut down komputer secara otomatis melalui perintah WScript, sebenarnya ada beberapa metode. Metode tersebut antara lain dengan mengetikkan perintah secara langsung di kotak dialog Run, membuat file batch (*.bat) atau melalui Command Prompt. Pada dasarnya semua metode tersebut mempunyai proses yang sama hanya berbeda cara memulainya. Perintah yang paling gampang adalah melalui kotak dialog Run. Silahkan teman-teman ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengaktifkan perintah Shut Down Otomatis :


  1. Buka kotak dialog Run dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + R secara bersamaan. Ketikkan perintah berikut ini pada kotak dialog Run yang tampil
    shutdown -f - s -t 3600
    Selanjutnya tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah yang telah diinput pada kotak dialog Run. 
  2. Jika teman-teman ingin membatalkan perintah auto shutdown yang telah diinput sebelumnya, buka kembali kotak dialog Run dan ketikkan perintah berikut ini
    shutdown -a
    Selanjutnya tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah yang telah diinput pada kotak dialog Run.
Note : Shut down adalah perintah untuk mematikan komputer. -f adalah perintah untuk memaksa sebuah program yang sedang aktif untuk menutup tanpa konfirmasi terlebih dahulu terhadap user. -t 3600 adalah parameter waktu dalam skala detik atau second, disini tertera angka 3600, artinya program shutdown akan dieksekusi pada waktu 3600 detik kedepan atau satu jam mendatang. Angka atau waktu shutdown otomatis ini dapat diatur dan diganti sesuai kebutuhan teman-teman. Shutdown -a berarti melakukan Abort a system shutdown. Shut Down atau Mematikan Komputer Secara Otomatis dengan langkah ini berlaku pada semua seri sistem operasi Windows.

Sekian artikel tentang "Cara Setting Komputer dan Laptop Windows Agar Dapat Shut Down Otomatis" , semoga dapat menambah pengetahuan komputer teman-teman dan dapat membantu teman-teman yang berjumpa dengan permasalahan yang sama. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar materi pada artikel kali ini, silahkan teman-teman menggunakan kolom komentar yang ada dibawah untuk bertanya.

0 Response to "Mengatur Shut Down Otomatis Pada Komputer Windows dan Laptop"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close