Channel Youtube - Budi Yanto

Translate

Membuat Postingan Blog Tidak Bisa DiCopy Paste Hanya Bagian Tertentu Saja



Cara Agar Artikel Postingan Blog Tidak Bisa DiCopy Paste Hanya Pada Bagian Tertentu Saja




Cara Agar Artikel Postingan Blog Tidak Bisa DiCopy Paste dan Membuat Bagian Tertentu Pada Postingan Blog Dapat DiCopy Paste . Untuk teman-teman yang khususnya para blogger tentunya materi artikel ini akan menarik untuk disimak. Karena sebenarnya sudah banyak artikel ataupun postingan tentang "Cara Agar Artikel Postingan Blog Tidak Dapat Di Copy Paste" tetapi sangat sedikit yang menerangkan bagaimana cara jika para blogger ingin membuat postingannya dapat diCopy Paste pada bagian tertentu yang memang dibagikan untuk di Copy Paste atau digunakan lagi oleh pembaca. Salah satu contohnya yaitu para blogger yang blognya bertemakan tentang tutorial blogging yang tentunya pada beberapa materi artikel yang dibuat tidak sedikit yang membahas atau membagikan kode-kode script yang memang ditujukan untuk digunakan kembali oleh pembaca sehingga khusus pada bagian kode script yang diposting harus bisa diSelect atau diCopy Paste.

Alasan pertama artikel blog atau website membutuhkan fitur protect dari tindakan copy-paste yaitu agar artikel fresh hasil dari ide kita sendiri yang sudah dengan susah payah dibuat dapat menjadi pilihan utama pembaca karena dengan fitur protect copy-paste kita dapat mengurangi pesaing artikel lain yang ingin menggunakan isi artikel kita untuk digandakan atau di Copy-Paste. Selain itu juga jika postingan artikel teman-teman menarik dan bermutu serta tergolong artikel yang tampil dalam hasil pencarian pada halaman pertama di mesin pencari jika ditambahkan fitur protect copy-paste ini dapat menggurangi resiko jatuhnya peringkat hasil pencarian blog yang diakibatkan oleh artikel copy-paste.

Salah satu cara yang bisa teman-teman gunakan dan yang menjadi kunci dari materi artikel kali ini agar artikel postingan tidak bisa diCopy-Paste adalah dengan menggunakan script CSS. CSS sebenarnya merupakan script yang biasanya digunakan untuk mengatur tata letak halaman situs sekaligus mengelola design atau mendekorasi halaman situs, namun Script CSS ini juga bisa teman-teman gunakan untuk membuat artikel postingan tidak bisa di Copy-Paste secara langsung . Silahkan teman-teman pilih metode protect copy-paste dengan Script CSS yang akan kita bagikan dibawah ini :

Script CSS Agar Seluruh Tampilan Blog Tidak Bisa di Select dan di Copy Paste
  1. Silahkan teman-teman masuk ke Blogger seperti biasa menggunakan akun blog teman-teman dan pilih blog yang akan dipasang Script CSS agar tidak bisa di Copy Paste
  2. Klik pilihan Opsi Lainnya untuk menampilkan menu editing blog, lalu pilih Menu Template dan pilih Edit HTML
  3. Pada tampilan Editor Template silahkan teman-teman melakukan pencarian block kode html dengan menekan tombol kombinasi " CTRL+F " , pada kotak pencarian yang tampil cari block kode
    ]]></b:skin>
  4. Selanjutnya Copy kode CSS berikut ini dan letakkan tepat diatasnya atau sebelum block kode yang dicari tadi
    body{display:block;
    -khtml-user-select:none;
    -webkit-user-select:none;
    -moz-user-select:none;
    -ms-user-select:none;
    -o-user-select:none;
    user-select:none;
    unselectable:on;}
  5. Setelah selesai jangan lupa memilih pilihan Simpan Template, dan Klik Pilihan Kembali untuk keluar dari tampilan Editor Template
Script CSS Gabungan Agar Bagian Tertentu Pada Postingan Blog Dapat di Copy Paste
  1. Agar Script CSS Gabungan ini dapat berfungsi dengan baik sehingga bagaian tertentu pada postingan blog menjadi dapat di copy paste, teman-teman harus mencari tahu dahulu susunan TAG HTML pada struktur postingan blog teman-teman sendiri. Dengan memanfaatkan bagian ID dan Class yang ada pada TAG HTML blog.
    Untuk mencari bagian ID dan Class yang dimaksud, teman-teman dapat menggunakan Fasilitas Inspeksi Element yang ada pada Browser .  Pada kode script CSS gabungan yang akan saya bagikan menggunakan nama ID " Blog1 " dan nama Class " script " . Oleh karena itu saya akan, mencontohkan kepada teman-teman bagian blog yang tidak dapat di Copy Paste (Blog1) dan bagian yang disetel dapat di Copy Paste (script) .  Silahkan teman-teman Klik Kanan pada tampilan halaman postingan blog saya kali ini dan pilih pilihan Inspect Element atau dapat juga dengan menekan tombol F12 pada keyboard. Maka akan tampil Tab Editor Inspeksi Element, sekaligus menampikan bagian TAG HTML yang terselect dari bagian halaman yang teman-teman klik kanan tadi. Untuk melihat bagian ID (Blog1) dan Class (script) yang saya gunakan pada blog saya, teman-teman dapat menekan tombol kombinasi CTRL+F untuk menampilkan kotak pencarian TAG HTML pada editor inspeksi element halaman ini. Lalu silahkan teman-teman lihat dan cari bagian ID (Blog1) dan Class (script) pada blog saya dengan menginput kode HTML berikut ini pada kotak pencarian HTML yang tampil tadi.

    1. Cari Kode HTML "#Blog1" tanpa tanda petik dua untuk melihat bagian apa saja yang tergolong dalam ID = Blog1 pada halaman blog saya ini
    2. Cari Kode HTML "#Blog1 .script" tanpa tanda petik dua untu melihat bagian apa saja yang tergolong dalam Class= script pada halaman blog saya ini
    Teman-teman juga dapat mempraktekkan cara yang sama pada halaman blog teman-teman untuk melihat apakah halaman blog teman-teman dapat menjalankan script CSS gabungan yang sama dengan nama ID (Blog1) dan nama Class (script). Jika teman-teman tidak menemukan ID dengan nama (Blog1) dan Class dengan nama (script) pada blog teman-teman, silahkan teman-teman menggunakan cara yang sama untuk mencari nama ID dan Class yang digunakan pada blog teman-teman yang nantinya akan dipakai pada saat kita menggunakan Script CSS Gabungan ini.
     
  2. Setelah teman-teman mempelajari cara melihat bagian ID dan Class pada petunjuk yang telah dibagikan tadi, selanjutnya kita masuk kelangkah selanjutnya untuk menggunakan Script CSS Gabungan. Silahkan teman-teman buka Tab Editor Template pada blog teman-teman. Pilih Menu Template >> Pilih Edit HTML >> Cari block kode
    </head>
  3. Selanjutnya Copy kode CSS berikut ini dan letakkan tepat diatasnya atau sebelum block kode yang dicari tadi
    <style type='text/css'>#Blog1{display:block;
    -khtml-user-select:none;
    -webkit-user-select:none;
    -moz-user-select:none;
    -ms-user-select:none;
    -o-user-select:none;
    user-select:none;
    unselectable:on;}
    #Blog1 .script{display:block;
    -khtml-user-select:text;
    -webkit-user-select:text;
    -moz-user-select:text;
    -ms-user-select:text;
    -o-user-select:text;
    user-select:text;
    unselectable:off;}</style>
  4. Setelah selesai jangan lupa memilih pilihan Simpan Template, dan Klik Pilihan Kembali untuk keluar dari tampilan Editor Template
  5. Setelah selesai silahkan teman-teman buka blog teman-teman yang sudah dipasang protect copy-paste tadi untuk mengecek apakah kode protect copy-paste yang telah digunakan tadi bekerja dengan baik atau belum.
Note : Bagian kode yang berwarna merah " #Blog1 " merupakan nama ID dari bagian yang diprotect dari copy-paste, kode " #Blog1 .script " merupakan nama Class dari ID (#Blog1) dan merupakan bagian yang dibuat khusus agar dapat di copy-paste. Teman-teman dapat menggunkan nama ID dan Class ini jika sama atau dapat membaca artikel sebelumnya (Cara Membuat Kotak Script Yang Benar Dan Bisa Jalan) jika teman-teman ingin membuat Kotak Script / Bagian Dengan Nama Class (script) seperti contoh diatas , jika tidak teman-teman dapat mengganti nama ID dan Class pada kode diatas sesuai dengan ID dan Class pada halaman Blog dan Website yang teman-teman gunakan.

Sekian artikel mengenai " Cara Agar Artikel Postingan Blog Tidak Bisa DiCopy Paste dan Membuat Bagian Tertentu Pada Postingan Blog Dapat DiCopy Paste " . Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua dan semoga dapat menambah pengetahuan Blogging teman-teman. Jika ada yang ingin teman-teman tanyakan seputar materi pada artikel kali ini, silahkan teman-teman bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah.

2 Responses to "Membuat Postingan Blog Tidak Bisa DiCopy Paste Hanya Bagian Tertentu Saja"

  1. terima kasih sangat bermanfaat. ane tertarik panduan kedua itu

    izin berbagi cara nelpon sms dan internet murah:

    http://cug.armaila.com/2016/05/daftar-cug-telkomsel.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama agan Arminaven Gayo, jika berkenan silahkan ikuti update artikel lainnya dari blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com .
      Dengan klik ikuti Google Plus yg ada dibawah. Dapatkan juga informasi kontes seo blog terbaru untuk mengasa kemampuan blogging para blogger.

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close