Mau Sewa Space Iklan?


PASANG IKLAN DISINI
*Hanya Rp50.000

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)


Advertisement

Translate

Merubah Ukuran Header Blog-Panjang-Lebar-Header-Blog





Cara Mudah Mengatur Ukuran Header Blog




Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar , Bagaimana caranya merubah ukuran header blogspot ? 
Terkadang ada blogger yang telah mendesain sendiri gambar header untuk blognya tetapi setelah diterapkan diblog ternyata ukuran gambar header yang telah didesain sebelumnya ternyata tidak pas dengan ukuran header diblog. Maka dari itu banyak para blogger yang lebih memilih mencari tahu cara untuk merubah ukuran header diblog ketimbang harus bersusah payah untuk mendesain ulang gambar headernya yang telah jadi.

Untuk merubah ukuran header blog ini, banyak juga dari para blogger yang mengalami kesulitan. Karena untuk merubah ukuran header memang membutuhkan kemampuan otak-atik kode HTML. Tapi itu dulu, sekarang blogspot telah memberi kita kemudahan. Kita bisa merubah header blog tanpa harus mati-matian belajar CSS atau HTML. Caranya gampang, ikuti langkah berikut ini. Oh iya, metode ini khusus bagi blogger yang menggunakan template standar dari blogspot. Seperti blog ini menggunakan template sederhana. Metode ini pun telah berhasil saya terapkan di blog ini. 

Pertama-tama kita harus memastikan terlebih dahulu ukuran lebar dan panjang atau width-height dari gambar header yang ingin kita tembatkan pada header blog kita. Caranya klik kanan gambar header yang ingin digunakan, lalu pilih properties, pilih details dan lihat ukuran width-height gambar headernya pada bagian image seperti contoh gambar dibawah ini

Setelah ukuran width-height dari gambar header yang ingin kita pakai telah dipastikan kita masuk kelangkah selanjutnya untuk menyesuaikan gambar header yang telah dipasang pada blog kita sebelumnya. Silahkan ikuti langkah dibawah ini :
  1. Seperti biasa login ke akun blogspot Anda dan masuk ke dasbor. Pilih blog yang ingin kita atur ukuran headernya.
  2. Selanjutnya pilih Menu 'Template' dan klik 'Sesuaikan' 
  3. Anda akan dibawa kehalaman pengaturan antar muka. Untuk mempermudah penyesuaian gambar header kita nantinya teman-teman dapat mencoba mengubah warna latar luar, latar utama dan latar header blog terlebih dahulu agar bisa membedakan hasil perubahan nantinya. Degan cara berikut ini, Masuk ke tab 'Tindak Lanjut' lalu pilih 'Latar' dan silahkan teman-teman merubah warna latar luar, latar utama dan latar header blog sesuai kebutuhan sambil menyesuaikannya dengan melihat dikolom bawah pratinjau tampilan yang telah disediakan diblog. 
  4. Langkah selanjutnya, tarik kursor Anda hingga kebawah lalu pilih 'Tambahkan CSS'. Anda akan diberi kolom isian. Selanjutnya tinggal copy-paste script dibawah ini dan merubah ukurannya sesuai kebutuhan. Setelah ukurannya telah diatur untuk menyelesaikan perubahan yang telah diatur pilih dan klik Menu Perintah "Terapkan ke Blog" yang ada dipojok kanan-atas blog teman-teman.
 

Penjelasan Script : 
  • left:0px, : merupakan kode untuk mengatur kerapatan sisi kanan header dengan tampilan layar, silahkan angkanya dirubah-rubah sesuai keinginan Anda dengan mencocokan perubahan preview yang tampak pada halaman desain blogger hingga sudah merasa cocok. 
  • width:920px, : merupakan kode untuk menyesuaikan panjang header di sisi kanan, silahkan di sesuaikan angkanya menurut selera Anda. 
  • height:142px, : merupakan kode untuk merubah ukuran tinggi header, seperti biasa silahkan di sesuaikan dengan selera Anda. 
  • bottom:10px, : merupakan kode jarak dari bagian bawah, jadi jika angka ini dirubah/diperbesar maka akan ada jarak antara header dengan widget yang ada pada bagian bawah header. 

Sekian artikel mengenai cara merubah ukuran header blog yang dapat saya bagikan semoga berguna dan dapat membatu teman-teman blogger yang lain. Silahkan bertanya melalui kolom komentar yang telah disediakan dibawah jika ada yang kurang dimengerti. Jangan lupa baja juga artikel mengenai Cara Membuat Read More Otomatis Pada Blog untuk membuat tampilan blog teman-teman blogger menjadi lebih menarik dan lebih ringan saat diloading seperti contoh halaman awal blog ini. 

6 Responses to "Merubah Ukuran Header Blog-Panjang-Lebar-Header-Blog"

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mba Dewi, terima kasih untuk tawarannya nanti akan saya pertimbangkan terlebih dahulu.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Hallo Danang Budi Pramono, thanks udh mampir di blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com .

      Silahkan lihat petunjuk gambar yg telah dibagikan pada artikel diatas gan, mungkin bisa lebih membantu.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hallo mas Erwin, thanks udah mampir di blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com .

      Sama-sama mas erwin, rekomen ni mas silahkan dicobain publisher ads PopCash udah sy cobain iklannya berupa pop up pada tab baru dan tidak mengganggu krn hnya tampil 1× dalam 24jam. Refuneny lumayan mas untk blog sy dgn +- 1000 visitor bisa po +- $20 / bulan. Silahkan direview dlu mas. Jika berminat untuk di pasang di situsny mas Erwin silahkn dicoba mas ini sy bagi linknya : PopCash.net

      Salam blogger !

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.