Mau Sewa Space Iklan?


PASANG IKLAN DISINI
*Hanya Rp50.000

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)


Advertisement

Translate

Cara Membagi Partisi Mac




Cara Mudah Membagi Partisi Hardisk di Macbook Apple




Nama Apple pastinya sudah tidak asing lagi bagi teman-teman semua, untuk produk laptop apple biasanya kita kenal dengan sebutan Macbook dan Macbook ini sendiripun sampai sekarang terbagi menjadi dua 2 jenis. Yaitu MacbookPro dan MacbookAir yang masing-masing memiliki banyak seri dan spesifikasi yang bermacam-macam dengan keunggulan yang sangat menjanjikan tentunya. 

Pada Macbook Apple baik itu MacbookPro dan MacbookAir biasanya memiliki hardware penyimpanan yang hampir sama seperti komputer laptop lainnya yaitu ada yang menggunakan hardisk (HDD) dan Flash Storage (FS). Yang untuk perbedaan dari HDD dan FS ini sendiri dapat teman-teman pelajari diartikel mengenai Perbedaan HDD, SSD, Flash Storage dan Fusion Drive yang telah saya bagikan diartikel sebelumnya. Karena pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah cara untuk membagi partisinya.

Salah satu yang membedakan Macbook keluaran Apple dengan Notebook atau Laptop dari brand lain yaitu dalam hal sistem operasi yang terdapat didalam komputernya. Biasa pada komputer dibrand lain sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Windows sedangkan di Macbook Apple ini sendiri sistem operasi yang digunakan adalah Macintosh Operating System (Mac OS) keluaran dari Apple sendiri. Jadi jika sebelumnya teman-teman mungkin sudah ada yang mengetahui cara untuk membagi partisi hardisk windows, tetap saja teman-teman harus menyimak artikel kali ini karena cara dan sistem operasi yang dipakai tentunya berbeda dengan sistem operasi di Macintosh Macbook Apple.

Cara Membagi Partisi Hardisk Macintosh Pada Macbook Apple :
  1. Masuk Ke Menu Utilities dengan cara klik menu Go dan pilih Submenu Utilities. Jika Menu Go di Macbook tidak tampil silahkan teman-teman klik kiri 1X disembarang tempat pada tampilan Desktop Macbook
  2. Jika Menu Utilities telah terbuka, silahkan teman-teman buka aplikasi Disk Utility dengan cara Double Click aplikasi tersebut
  3. Pada Aplikasi Disk Utility yang tampil, pilih Hardisk yang akan dipartisi. Pada contoh kali ini hardisk dengan nama Macintosh HD, jadi pilih Macintosh HD dan masuk ke Menu Partition
  4. Untuk membuat partisi baru silahkan pilih dan klik ikon tanda + yang ada pada Menu Partition, maka dengan otomatis hardisk akan disetting menjadi 2 partisi sama rata, untuk mengatur ukuran partisi baru yang akan dibuat pilih partisi Macintosh HD 2, lalu arahkan kursor mouse kita kearah garis tengah partisi hardisk sampai kursor mouse berubah menjadi tanda + lalu klik kiri dan tahan lalu arahkan keatas dan kebawah untuk mengatur ukuran partisi ke-2 yang ingin dibuat, untuk tahap terakhir pilih Apply dan setujui perintah partisi dengan klik pilihan Partition, tunggu sampai proses partisi dan format selesai.
Sampai tahap ini Cara Untuk Membagi Partisi Hardisk Mac telah berhasil dilakukan. Untuk melihat hasil Partisi yang telah dibuat tadi kita dapat memilih Menu Go dan pilih Submenu Computer, maka kita dapat melihat partisi hardisk baru yang telah kita buat tadi telah tampil dengan nama Macintosh HD 2.
Sekian tutorial mengenai cara membagi partisi hardisk pada macbook yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman yang kebetulan juga sedang mecari tahu cara untuk membagi partisi hardisk macbook yang dipakai.

2 Responses to "Cara Membagi Partisi Mac"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.