Channel Youtube - Budi Yanto

Placing Ads / Pemasangan Iklan

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)

Translate

Perbedaan HDD, SSD, FS dan FD



Perbedaan HDD, SSD, FS dan FD Yang Ada Pada Komputer




Mungkin diantara teman-teman sudah tidak asing lagi dengan penyimpanan komputer yang biasa disebut dengan HDD (Hard Disk Drive), tetapi seiring dengan berkembang pesatnya teknologi di era sekarang para produsen teknologi terus berinovasi dan menggeluarkan produk-produk terbaru yang lebih canggih dan menarik lagi dengan keungulan-keungulan yang lebih menjanjikan tentunya.

Seperti halnya produk penyimpanan komputer yang kita bahas tadi yaitu HDD (Hard Disk Drive) kini memiliki pesaing-pesaing barunya yaitu SSD (Solid State Drive), FS (Flash Storage) dan FD (Fusion Drive). Yang tentunya memiliki keungulan masing-masing dan membuat kita ingin mengetahui lebih rinci tentang produk-produk baru ini. Terutama untuk teman-teman kita yang kebetulan sedang mencari referensi untuk komputer baru yang dicarinya, dan menemukan istilah-istilah baru pada spesifikasi komputer yang ditemukannya seperti SSD, FS dan FD tadi. 

Oleh sebab itu saya akan berbagi sedikit informasi yang saya ketahui mengenai perbedaan dari HDD (Hard Disk Drive), SSD (Solid State Drive), FS (Flash Storage) dan FD (Fusion Drive) yang ada pada komputer-komputer terbaru kita sekarang. Mari Disimak Perbedaan HDD, SSD, FS dan FD yang akan saya bagikan berikut ini :  

HDD (Hard Disk Drive) 
HDD (Hard Disk Drive) atau yang biasa kita sebut hardisk adalah piringan tradisional yang merupakan media penyimpanan dasar non-volatile (data tidak akan hilang ketika komputer dalam keadaan off) pada komputer. Pada dasarnya HDD (Hard Disk Drive) ini adalah piringan metal yang memilliki lapisan magnet. Lapisan tersebutlah yang menjadi tempat penyimpanan data. Sebuah Head Read / Write yang mengakses data yang tersimpan ketika piringan berputar. 


SSD (Solid State Drive) 
SSD (Solid State Drive) adalah inovasi terbaru dari penyimpanan data. Teknologi ini meningkatkan kinerja, serta menghemat konsumsi energi dari komputer. SSD (Solid State Drive) juga memiliki fungsi yang sama seperti HDD, tetapi data tidak disimpan pada lapisan magnetik. Melainkan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip itu bisa saja tertanam secara permanen pada motherboard, kartu PCI / PCIe, atau pada kotak yang bentuknya seperti HDD. Chip flash memori pada SSD berbeda dengan chip yang ada pada USB Flash Disk (UFD) dalam hal tipe dan kecepatan. Chip flash memori pada SSD memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi daripada UFD. Dengan kapasitas yang sama, harga SSD jauh lebih mahal daripada UFD maupun HDD. Kecepatan baca SSD bisa 5-10 kali kecepatan HDD biasa. Ini akan memberikan perbedaan besar jika Anda membuka file dokumen, membuka program ataupun saat booting. Semua jadi terasa lebih cepat.


FS (Flash Storage)
FS (Flash Storage) adalah sama seperti SSD (Solid State Drive). Tetapi Yang membedakannya yaitu FS (Flash Storage) ini langsung tertanan ke Matherboard komputer lewat PCI sedangkan SSD (Solid State Drive) tadi harus lewat kabel SATA terlebih dahulu.

FD (Fusion Drive)
FD (Fusion Drive) adalah sebuah merek dari Apple berupa hybrid drive yang mencampur SSD terbaik dengan teknologi HDD. Di dalam sebuah Fusion Drive terdapat sebuah SSD NAND memory storage block, dan sebuah piringan HDD. Hal ini akan terintegrasi sempurna dengan Mac OS X.
Mac OS X akan secara cepat menandai file, apikasi dan data apa yang paling anda sering gunakan dan memindahkannya ke SSD. Sementara data yang besar yang jarang dibuka (misal file film) akan dipindah secara otomatis ke HDD. Sehingga Mac akan bergerak cepat secepat SSD murni dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Hal ini berbeda dengan sistem hybrid pada windows yang mana SSD murni hanya difungsikan sebagai tempat penyimpanan Operating system dan aplikasi/program saja, sementara harddisk berfungsi sebagai penyimpanan file/data saja.

Apakah penggabungan / fusi antara SSD dan HDD ini akan berupa RAID? Tentu tidak! Keduanya menyatu sebagai single volume. 


Dari Keempat Jenis Penyimpanan diatas, mana yang terbaik ? 
Fusion Drive adalah yang terbaik. Ini menggabungkan antara Flash storage drive untuk kecepatan membaca data dan HDD SATA untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Dan harganya lebih murah dibanding Flash Storage murni.  Tapi sayangnya ini masih hanya tersedia pada iMac dan Mac Mini. Anda tidak bisa memasangnya pada Macbook Air maupun Pro. Dan ini merupakan point-point yang perlu teman-teman ketahui :
  • Dari Segi Harga, HDD (Hard Disk Drive) paling murah dari yang lainnya dengan kapasitas yang sama
  • Dari Segi Kecepatan, FS (Flash Storage) dan FD (Fusion Drive) adalah yang paling cepat
  • Dari Segi Daya Tahannnya Terhadap Goncangan, SSD (Solid State Drive), FS (Flash Storage) dan FD (Fusion Drive) merupakan yang terbaik 


Saran Peyimpanan Terpilih Menurut Kebutuhan :   
  
1. Pilih HDD (Hard Disk Drive) jika anda : 
  • Pekerja Multimedia dan Pengunduh (Downloader) Kelas Berat : Pekerja multimedia dan kolektor video membutuhkan kapasitas yang besar. Anda dapat menggunakan HDD (Hard Disk Drive) dengan ukuran sampai dengan 4 TB
  • Pengguna dengan Dana Terbatas : Anda dapat mendapatkan HDD yang berukuran besar dengan harga yang murah 
  • Desainer Grafis : Editor video dan grafis biasanya lebih cocok menggunakan HDD karena keharusannya membaca dan menulis data secara terus-menerus yang dapat memperpendek umur media penyimpanan data. Mengganti HDD jauh lebih murah daripada mengganti SSD
  • Pengguna Umum : Jika Anda tidak mempersoalkan masalah kecepatan dan daya tahan akan getaran, sebaiknya menggunakan HDD daripada SSD karena lebih murah 

2. Pilih SSD (Solid State Drive) jika anda :
  • Road Warriors : Pengguna yang lebih sering menghabiskan waktunya bekerja di jalanan dan sering berpindah-pindah, lebih membutuhkan keamanan extra untuk media penyimpanan datanya 
  • Speed Demons : Jika Anda termasuk orang yang membutuhkan kecepatan tinggi, SSD lebih cocok buat Anda daripada HDD
  • Seniman Grafis dan Teknisi : Walau di atas telah disebutkan kalau seniman grafis lebih cocok menggunakan HDD, namun ada kalanya dibutuhkan kecepatan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pengguna ini merupakan kandidat pengguna dual drive (menggunakan hybrid SSD dan HDD, atau menggunakan fusion drive)

Sekian informasi yang berhubungan tentang penyimpanan komputer HDD (Hard Disk Drive), SSD (Solid State Drive), FS (Flash Storage) dan FD (Fusion Drive) yang dapat saya bagikan kepada teman-teman semua. Semoga bermanfaat dan dapat membantu memberikan solusi untuk teman-teman yang sedang mencari referensi berdasarkan spesifikasi penyimpanan komputer dan laptop yang dicari.

2 Responses to "Perbedaan HDD, SSD, FS dan FD"

  1. keren gan informasinya sangat membantu sekali,
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop,ada citra laptop,tempatnya servis laptop jogja,menangani berbagai macam kerusakan laptop dan tersedia segala sparepart laptop,jangan lupa kunjungi gan https://citralaptop.com/service-laptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung di blog gudang-pengetahuamu.blogspot.com . Sesuai nama blog ini gan, gudang-pengetahuanmu jadi informasinya memang ditujukan untuk membantu para pengunjung jika terbantu kami juga ikut senang. (^-^)

      Terima kasih juga untuk tawaran mampirnya, jika berkenan silahkan ikuti update artikel lainnya gan melalui link bergabung dgn ikuti Google Plus dibawah.

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close