Channel Youtube - Budi Yanto

Translate

Mempercepat Loading Komputer Laptop Lambat Yang Memiliki RAM Kecil



Mempercepat Loading Komputer Laptop Lambat Yang Memiliki RAM Kecil



Fitur ReadyBoost Windows


Penggunaan komputer PC maupun laptop bisa dibilang sangat berperan penting dalam dunia teknologi saat ini terlebih lagi untuk teman-teman pengunjung setia situs WebBudi.com saat ini yang mayoritas utamanya termasuk seorang blogger :)
Bagaimana tidak untuk seorang blogger, komputer maupun laptop sudah diibaratkan sebagai alat tulis untuk membuat postingan artikel seperti artikel yang saat ini teman-teman baca. Karena suatu blog maupun website akan lebih nyaman dikelola melalui komputer dan laptop ketimbang menggunakan gadget terbaru saat ini seperti tablet dan smartphone yang berlayar kecil dan tidak memiliki keyboard eksternal yang nyaman untuk menginput tulisan cepat.

Disini saya ingin berbagi pengalaman pribadi mengenai cara "Mempercepat Loading Komputer Laptop Lambat Yang Memiliki RAM Kecil", untuk aktifitas blogging sehari-hari yang saya lakukan, saya memanfaatkan bantuan dari sebuah Netbook kecil berukuran 11,6 inch. Yang memiliki spesifikasi kurang lebih sebagai berikut : Processor Intel(R) Celeron(R) CPU N3050 @ 1.60GHz (2 CPUs), ~1.6GHz, Memory 2048 RAM, Operating System Windows 8.1 Pro 64-bit (6.3, Build 9600).

Sebenarnya netbook yang saya gunakan saat ini bukanlah netbook dalam golongan tipe lama tapi memang hardware bawaan yang tersemat dari laptop bisa dibilang pas-pasan untuk menunjang kinerja blogging saya. Bagaimana tidak saat laptop baru dinyalakan saja sudah memakan memory RAM sebesar 1,2/1,9 GB yang artinya RAM yang aktif terpakai 1,2 GB dan sisa RAM tersedia / kosong hanya 0,7 GB. Belum lagi saat saya nantinya akan membuka aplikasi browser dan menghubungkan laptop ke koneksi internet hal ini tambah akan membuat status memory ram terpakai meningkat dan otomatis akan membuat proses loading laptop menjadi lebih lambat.

Baru-baru ini saya akhirnya mendapatkan solusi dari permasalahan laptop saya yang lambat karena kurangnya kapasitas memory RAM yang tergolong kecil untuk kebutuhan penggunaan blogging saya. Solusi terbaiknya yaitu melakukan upgrade RAM laptop yang saya gunakan tetapi berhubung laptop netbook yang saya gunakan hanya mendukung 1 slot memory RAM sehingga jika saya ingin melakukan upgrade saya tidak dapat memilih untuk menambah RAM 1 keping 2GB lagi / set (2x2GB) melainkan harus menggantikan RAM lama yang berukuran 2GB dengan RAM baru 1 keping 4GB (1x4GB). Dan otomatis hal tersebut akan membuat dana yang saya butuhkan untuk pengeluaran upgrade RAM laptop netbook menjadi lebih tinggi atau mahal.

Akhirnya dalam kondisi saya saat ini yang bisa dibilang pas-pasan atau mentok dana, saya mendapatkan solusi alternatif untuk Mempercepat Loading Komputer Laptop Lambat Yang Memiliki RAM Kecil yaitu dengan memanfaatkan fitur ReadyBoost bawaan dari windows yang sebelumnya juga pernah saya ketahui dan saya manfaatkan pada komputer laptop lama saya yang menggunakan operating windows 7.

ReadyBoost adalah fitur disk cache di Windows yang memanfaatkan flash memory seperti USB Flashdisk, SD Card, CompactFlash, bahkan SSD internal untuk meningkatkan performa PC. ReadyBoost pada windows bekerja selaras dengan SuperFetch. SuperFetch akan memonitor program yang berjalan dan secara otomatis menyimpan berbagai file dan libraries aplikasi tersebut ke RAM. Karena kecepatan RAM lebih tinggi daripada hardisk, maka saat dijalankan aplikasi tersebut akan berjalan dengan lebih cepat. RAM akan terpakai dengan optimal karena RAM yang kosong akan diisi dengan cache aplikasi yang kita gunakan. ReadyBoost memiliki cara kerja yang sama persis, hanya saja dia tidak menyimpan cache di RAM melainkan di flash memory. Jika teman-teman menghubungkan flashdisk ke PC dan mengaktifkan ReadyBoost, maka Windows akan menyimpan data dari SuperFetch ke flashdisk sehingga memory sistem menjadi lebih kosong dan bisa digunakan untuk proses lainnya.

Bagaimana Cara Mengaktifkan ReadyBoost Windows Pada Komputer Laptop ?


  1. Siapkan flash memory bisa USB flashdisk, SD card, ataupun SSD eksternal, lalu format dengan file system NTFS. Jika formatnya masih FAT32 maksimal space yang bisa digunakan hanya 4GB saja, sedangkan jika NTFS bisa sampai 32GB. Setelah itu hubungkan ke Komputer / Laptop yang ingin dipercepat kinerjanya
  2. Buka My Computer / This Pc pada Komputer / Laptop yang kita gunakan
  3. Klik kanan drive flash memory yang telah kita siapkan sebelumnya untuk dijadikan ReadyBoost dan Pilih Menu Properties
  4. Pada pengaturan Properties flash memory yang tampil, Pilih Tab ReadyBoost
  5. Pada tab ReadyBoost pilih Use this Device (mengatifkan ReadyBoost dengan semua memory yang tersisa di Flashdisk atau SD card, kemudian geser dan atur seberapa besar memory yang ingin digunakan) jika ingin menjadikan flash memory tersebut sebagai ReadyBoost sementara, atau pilih Dedicate this device to ReadyBoost (untuk mengatifkan ReadyBoost dengan semua memory di Flashdisk atau SD card) untuk menjadikan flash memory tersebut khusus untuk keperluan ReadyBoost saja
  6. Setelah itu pilih / klik Apply dan OK.

Untuk mematikan fitur ReadyBoost yang telah diaktifkan pada windows, langkah-langkahnya sama seperti tahap-tahap yang ada diatas sampai tahap ke-4 dan pilih Do not use this device (untuk mematikan fitur ReadyBoost windows) dan terakhir Klik Apply dan OK.

Sekian artikel informasi computer tentang cara "Mempercepat Loading Komputer Laptop Lambat Yang Memiliki RAM Kecil", semoga informasi pengalaman yang telah saya bagikan pada cerita artikel diatas dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk teman-teman semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil :)

0 Response to "Mempercepat Loading Komputer Laptop Lambat Yang Memiliki RAM Kecil"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top