Channel Youtube - Budi Yanto

Translate

Cara Memasang Breadcrumbs / Informasi Halaman Blog Yang Sedang Dikunjungi Terindex Mesin Pencari Google



Cara Mudah Memasang Breadcrumbs Pada Blog




Hallo teman-teman pengunjung setia blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com dan teman-teman blogger semua !
Pada artikel kali ini saya ingin berbagi informasi dalam bidang blogger kepada teman-teman semua seputar Breadcrumbs. Jika ada diantara teman-teman yang belum tahu, apa itu Breadcrumbs ?
Berikut ini penjelasan singkat tentang pengertian Breadcrumbs, Breadcrumb merupakan sebuah elemen website berbentuk memanjang yang isinya adalah informasi tentang letak, posisi atau jalur halaman yang sedang dikunjungi dalam suatu website. Breadcrumbs biasanya hanya ada di halaman spesifik/single seperti halaman posting dan sejenisnya. Biasanya terletak di atas judul posting. Format breadcrumb biasanya adalah “Beranda > Kategori Posting > Nama/judul Posting”.


Lalu apa manfaat dari memasang breadcrumps pada suatu blog maupun website ?

Jawabannya : Manfaat dari memasang breadcrumbs pada blog atau khususnya postingan blog adalah memudahkan dan membantu googlebot untuk mengenali struktur dari blog teman-teman sehingga akan dapat meningkatkan trafik blog secara lebih signifikan. Selain itu, memasang breadcrumbs pada blog juga dapat memudahkan pengunjung untuk mengetahui di mana posisi mereka saat berkunjung ke blog teman-teman, sekaligus akan membuat tampilan suatu blog maupun website menjadi lebih SEO Friendly.

Untuk Breadcrumps yang akan saya bagikan kepada teman-teman kali ini tentunya SEO Friendly dan akan dapat di indeks oleh mesin pencari. Hal tersebut telah saya uji sendiri pada blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com yang saat ini sedang teman-teman kunjungi, contoh breadcrumps yang telah terindeks oleh mesin pencari tersebut dapat teman-teman lihat pada contoh gambar yang telah dibagikan diatas. Dari gambar di atas teman-teman bisa melihat, saat berada di pencarian google tepatnya di bawah judul artikel, breadcrumbs yang telah dipasang ini dapat terindeks dan ditampilkan oleh mesin pencari google.

Selanjutnya tanpa bicara panjang lebar lagi, mari kita langsung masuk ketahapan yang telah teman-teman tunggu-tunggu yaitu cara membuat breadcrumbs pada blog.

Cara Membuat Breadcrumbs Pada Blog :

- Login ke www.blogger.com dengan akun blogger situs blog yang teman-teman kelola
- Pilih menu TEMPLATE, kemudian klik Edit HTML
- Klik pointer pada kolom HTML yang tampil
- Cari kode ]]></b:skin> ( Untuk mempermudah pencarian teman-teman dapat menampilkan menu pencarian dengan shortcut CTRL+F atau bisa dengan menekan F3 , kemudian masukan kode yang ingin dicari lalu tekan Enter )
- Simpan kode di bawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin>

.breadcrumbs {padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:90%; line-height: 1.4em; border-bottom:3px double #eee;}

- Selanjutnya cari kode berikut ini :

<b:includable id='main' var='top'>

- Ganti kode di atas dengan kode di bawah ini :

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<!-- breadcrumb for the post page -->
<b:loop values='data:posts' var='post'>
<b:if cond='data:post.labels'>
<div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'>
<span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
&#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span>
</b:loop>
&#187; <span><data:post.title/></span>
</div>
<b:else/>
<div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div>
</b:if>
</b:loop>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. -->
<div class='breadcrumbs'>
<span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span>
</div>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<div class='breadcrumbs'>
<b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
<span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span>
<b:else/>
<span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span>
</b:if>
</div>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:includable>
<b:includable id='main' var='top'>
<b:include data='posts' name='breadcrumb'/>

- Klik simpan template dan silahkan teman-teman cek serta lihat hasilnya pada blog teman-teman

Untuk mengecek apakah breadcrumbs telah terindeks atau belum, teman-teman bisa menggunakan fasilitas Alat Pengujian Data Terstruktur yang disediakan oleh google webmaster tools. Cara menggunakannya sangatlah mudah, teman-teman hanya harus memasukan url artikel blog teman-teman, kemudian klik Jalankan Pengujian. Jika hasilnya seperti gambar dibawah ini berarti Breadcrumbs yang teman-teman pasang pada blog telah sukses.


Sebagai catatan tambahan, seperti halnya menampilkan foto di hasil pencarian google. Breadcrumbs ini tidak akan langsung muncul saat teman-teman mencoba browser di mesin pencari google. Butuh waktu satu, dua, atau tiga hari untuk benar-benar muncul di hasil pencarian google, namun bisa saja memakan waktu mingguan atau bahkan juga bulanan. Tetapi menurut pengalaman saya sendiri Bredcrumbs yang telah dipasang pada blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com hanya membutuhkan waktu +- 2 hari telah berhasil terindeks dan tampil di hasil pencarian mesin pencari google.

Memang dengan memasang breadcrumbs pada blog maupun website akan secara signifikan meningkatkan traffik. Tetapi banyak diantara teman-teman lain yang melakukan optimasi secara berlebihan yang belum tentu menciptakan hasil yang memang baik. Jadi biasakanlah untuk selalu membuat kategori pada setiap postingan, jika tidak maka pemasangan breadcrumb pada template blogspot akan sia-sia dan tidak bermaanfaat.

Sekian artikel tentang "Cara Mudah Memasang Breadcrumbs Pada Blog", semoga akan dapat menambah ilmu pengetahuan blogger teman-teman semua dan dapat membantu teman-teman lainnya yang kebetulan juga sedang mencari tutorial cara untuk memasang breadcrumbs pada blog serta dapat membuat tampilan blog teman-teman menjadi lebih menarik dan SEO Friendly. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar tutorial cara yang telah dibagikan pada artikel diatas, silahkan teman-teman bertanya melalui kolom komentar yang telah disediakan dibawah atau melalui Menu Contact yang ada diatas.

0 Response to "Cara Memasang Breadcrumbs / Informasi Halaman Blog Yang Sedang Dikunjungi Terindex Mesin Pencari Google"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top