Mau Sewa Space Iklan?


PASANG IKLAN DISINI
*Hanya Rp50.000

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)


Advertisement

Translate

Tips dan Hal Unik Dalam Penggunaan Aplikasi BBM




Berbagi Tips dan Hal Unik Dalam Penggunaan Aplikasi BBM


BlackBerry Messenger atau yang sering kita dengar dengan nama singkatan BBM adalah aplikasi pengirim pesan instan yang awalnya disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Namun seiring dengan kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat dan dengan banyaknya pengguna smartphone IOS dan Android akhirnya sejak tanggal 23 Oktober 2013 layanan BBM secara resmi bisa digunakan lintas platform dengan dirilisnya BBM untuk IOS dan Android. Sampai saat ini versi BBM untuk perangkat IOS dan Android selalu merilis update versi dengan tambahan fitur-fitur yang terbaru lainnya untuk melengkapi kebutuhan para pengguna setianya. Contohnya BBM untuk Android saat ini memiliki update versi 2.12.0.9 yang dapat teman-teman download melalui Google PlayStore di smartphone android yang dipakai.

Mengenai fitur tambahan yang menarik dari update aplikasi BBM di versi 2.12.0.9 dapat teman-teman simak atau baca pada artikel sebelumnya yang telah saya bagikan melalui link berikut ini : http://gudang-pengetahuanmu.blogspot.com/2015/12/bbm-android-versi-terbaru-kini-hadir.html


Ada beberapa tips dan hal unik dalam penggunaan aplikasi BBM yang ingin coba saya bagikan kepada teman-teman agar dapat membantu teman-teman dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi BBM yang digunakan serta menambah informasi dan pengetahuan untuk teman-teman.

1. Display Picture BBM Tidak Kelihatan Hanya Ada Barisan Feed dan Status

Hal unik pertama yang akan kita bahas adalah kalimat nomor satu dengan cetak tebal yang telah dituliskan diatas yaitu display picture BBM tidak tampak hanya ada barisan feed dan status. Tentunya sebagian dari kita pernah ditemukan dengan kejadian yang sama, saat kita penasaran dengan Display Picture BBM yang digunakan teman , pacar maupun keluarga, biasanya kita akan mencoba untuk mengakses DP BBM orang tersebut agar dapat melihat dengan jelas sekaligus zoom gambar yang dipakainya. Tetapi saat DP BBM nya kita akses yang tampil hanya deretan status dan feed yang pernah dibuatnya bukan gambar DP BBM yang kita maksud. 

Sebenarnya tidak ada kerusakan dari aplikasi BBM yang kita gunakan dan DP BBM yang kita maksud sudah tampil hanya saja tidak kelihatan karena DP BBM tersebut tersembunyi diatas status dan feed. Itulah sebabnya kejadian ini saya kategorikan sebagai hal unik yang dapat kita jumpai saat menggunakan aplikasi BBM. Jadi jika teman-teman menjumpai kondisi yang sama, untuk dapat melihat DP BBM yang dicari cukup dengan menggeser barisan feed dan status kebawah untuk mencarinya.




2. Mengganti Nama Teman Yang Ada di Kontak BBM

Tips pertama yang akan kita bahas dan juga dapat teman-teman coba yaitu mengganti nama teman yang ada di kontak BBM. Mengapa tips yang satu ini harus teman-teman pertimbangkan untuk dicoba ? Jawabannya sangat mudah dan simple yaitu untuk mempermudah kita jika ingin mencari salah satu kotak teman di BBM yang ingin dihubungi. Contohnya membuat nama kontak tersendiri untuk pacar, keluarga, teman dan lain-lain. Karena setiap orang memiliki kepribadian dan sifat yang berbeda-beda itulah juga alasan terkadang kita dapat menjumpai teman kontak BBM kita ada yang menggunakan nama samaran ataupun sering mengganti-ganti nama profile BBM miliknya. Hal ini juga dapat menjadi alasan teman-teman untuk mengganti sendiri nama kontak teman yang ada di BBM sehingga saat teman kita tersebut mengganti nama profile BBM miliknya dengan nama samaran ataupun dengan tanda (.) dan sebagainya teman-teman tetap dapat mengetahui jika itu adalah dia.

Berikut ini sedikit tips dan cara untuk mengganti nama teman yang ada di kontak BBM, Cari nama teman di kontak BBM yang ingin kita ubah namanya >> Buka profile BBM dari teman kontak tersebut / sama seperti saat kita ingin membuka DP BBM miliknya >> Pilih Menu Edit Profile Name yang berbentuk seperti ikon pensil dibawah gambar DP BBM miliknya >> Ganti Profile Name dengan nama kontak orang tersebut yang akan mudah kita ingat dan kita cari >> Setelah selesai pilih Menu Done yang ada dibagian kanan-atas tampilan edit profile name untuk menyimpan nama profile baru yang telah dibuat.




3. Menambahkan Kategori Kontak BBM

Tips kedua yang akan kita bahas dan juga dapat teman-teman coba yaitu menambahkan kategori kontak BBM. Mengapa tips yang satu ini harus teman-teman pertimbangkan untuk dicoba ? Jawabannya sangat mudah dan simple yaitu untuk mempermudah kita jika ingin mengirimkan pesan siaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan broadcast kepada seluruh rekan kerja, saudara, teman maupun komunitas yang telah dibuat kategori kontaknya sehingga teman-teman tidak perlu repot dan binggung lagi untuk memilih kontak yang dituju satu persatu. Selain itu fitur kategori kontak BBM ini juga dapat membuat tampilan kontak BBM teman-teman terlihat lebih rapi dan tidak bercampur aduk karena berada dalam 1 kategori. Contohnya teman-teman dapat mencoba untuk membuat kategori kontak BBM dengan nama kantor kerja dan memilih semua kontak BBM yang temasuk dalam kategori rekan kerja untuk dipindahkan ke kategori kontak BBM dengan nama kantor kerja tersebut.

Silahkan teman-teman ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menambahkan kategori kontak BBM baru pada kontak BBM teman-teman. Buka aplikasi BBM yang saat ini digunakan >> Masuk ke Menu Kontak BBM >> Pilih / Select daftar teman-teman kontak BBM yang ingin ditambahkan pada kategori kontak BBM baru, cukup dengan langkah pilih dan tahan daftar kontak BBM sampai gambar kontak BBM yang dipilih terblok atau terseleksi ( Daftar kontak yang dipilih atau diseleksi harus lebih dari 1 kontak agar dapat dibuat kategori kontak BBM barunya, jika hanya satu kontak yang dipilih kita hanya dapat memindahkan kontak tersebut saja tanpa bisa membuat daftar kategori kontak baru ) >> Klik Menu Pilih Kategori yang tampil dibagian kanan-atas kontak BBM setelah daftar kontak yang ingin ditambahkan ke kategori kontak BBM baru sudah terseleksi >> Selanjutnya pilih Menu Tambah Kategori yang berbentuk seperti ikon tanda panah ( + ) dibagian kanan-atas daftar kategori kontak BBM >> Kemudian isikan nama kategori kontak BBM baru yang ingin dibuat >> Langkah terakhir klik pilihan TAMBAH untuk menyelesaikan tahap pembuatan kategori kontak BBM baru.


 

4. Cara Keluar Dari Group BBM Tertentu

Pada aplikasi BBM memungkinkan para penggunanya untuk membuat suatu Group BBM dimana fasilitas Group BBM ini sering dimanfaatkan oleh para pengguna BBM untuk mengajak atau menggumpulkan teman-teman BBM lain agar tergabung dalam satu komunitas / group bersama agar dapat saling berbagi informasi dan berkomunikasi secara bersama-sama. Selain itu Group BBM ini juga bisa dimanfaatkan sebagai media perkumpulan untuk mengenalkan suatu produk barang kepada orang-orang yang diajak dalam komunitas group yang dibuat. Tetapi seringkali didapatkan group BBM dari komunitas tertentu setelah tergabung di group teman-teman ternyata dirasa kurang sesuai dengan minat dan malah ada yang dirasa menggangu. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit tips kepada teman-teman bagaimana cara untuk keluar dari keanggotaan suatu group BBM yang tidak dibutuhkan seperti contoh diatas.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini jika teman-teman ingin keluar dari suatu group BBM yang telah diikuti. Buka aplikasi BBM yang teman-teman gunakan >> Pilih Menu Group BBM yang biasanya berada disebelah menu kontak dengan ikon bergambar 2 orang >> Kemudian pilih group BBM yang ingin kita tinggalkan dengan tahan pilihan tersebut sampai tampil menu pengaturan lanjutan untuk group tersebut >> Pilih ikon tanda panah keluar kotak yang tampil dibagian kanan-atas group BBM >> Selanjutnya pada pilihan yang tampil pilih pilihan LEAVE untuk keluar dari keanggotaan group BBM tersebut. Bagaimana cukup mudah bukan cara untuk keluar dari salah satu group BBM yang pernah kita ikuti, jika masih sedikit binggung dengan penjelasan langkah-langkah diatas, silahkan teman-teman lihat petunjuk gambarnya dibawah ini.


 

5. Cara Keluar Dari Multiperson Chat BBM / Obrolan Beberapa Orang

Pada aplikasi BBM memungkinkan para penggunanya untuk melakukan obrolan / chat secara langsung dengan beberapa orang yang ada didaftar kontak BBM secara bersamaan dengan memanfaatkan fitur Multiperson Chat. Sebenarnya fitur Multiperson Chat ini hampir sama seperti fitur Group BBM yang dapat menghubungakan atau mengumpulkan teman-teman kontak BBM dalam satu media percakapan secara bersamaan walapun mungkin salah satu anggota dari Multiperson Chat dan Group BBM tersebut belum ada dalam daftar kontak BBM kita. Walaupun hampir sama dengan fitur Group BBM, tetapi fitur Multiperson Chat ini hanya berfungsi sebagai media percakapan secara bersamaan tidak dengan membentuk suatu group atau komunitas tertentu terlebih dahulu. Dengan kata lain fitur multiperson chat ini dapat menghubungkan teman-teman yang ada didaftar kontak BBM secara langsung dan bersamaan tanpa harus menunggu konfirmasi undangan fitur dari kontak lain seperti fitur BBM group. Dan seringkali teman-teman terganggu dengan ajakan fitur multiperson chat dari teman kontak yang dirasa kurang dikenal atau termasuk dalam multiperson chat dengan materi obrolan yang tidak diminati.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tips cara untuk keluar dari fitur multiperson chat yang telah melibatkan teman-teman didalam obrolan bersama tersebut. Mari simak langkah-langkah untuk keluar dari fitur multiperson chat BBM berikut ini. Buka aplikasi BBM yang digunakan >> Masuk ke Menu BBM Chats >> Buka Chat / Obrolan Multiperson Chat yang ingin ditinggalkan >> Pada tampilan Multiperson Chat yang telah terbuka, pilih menu dengan ikon berbentuk bullets yang ada dibagian kanan-atas tampilan >> Selanjutnya pilih Leave Chat. Bagaimana teman-teman ? mudah bukan cara untuk keluar atau meninggalkan multiperson chat / obrolan bersama yang tidak ingin kita ikuti.


 

Sekian artikel mengenai " Tips dan Hal Unik Dalam Penggunaan Aplikasi BBM " , semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan bisa menambah informasi pengetahuan kita tentang fitur-fitur yang ada pada aplikasi BBM yang sering kita gunakan. Teman-teman juga dapat membaca artikel sebelumnya tentang " Cara Mengatasi Tombol Enter Pada Aplikasi BBM Yang Tidak Tampil " pada link artikel berikut ini : http://gudang-pengetahuanmu.blogspot.com/2015/12/cara-menampilkan-tombol-enter-bbm.html . Jika ada yang ingin teman-teman tanyakan seputar materi yang telah kita bagikan pada artikel kali ini, silahkan teman-teman bertanya melalui menu contact dan kolom komentar yang telah disediakan dibawah.

0 Response to "Tips dan Hal Unik Dalam Penggunaan Aplikasi BBM"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.