Channel Youtube - Budi Yanto

Translate

Belajar Dasar-Dasar Penggunaan Smartphone Untuk Pemula



5 Dasar-Dasar Penggunaan Smartphone Untuk Pemula




Perkembangan dunia smartphone dikalangan masyarakat sekarang memang terbilang sudah sangat pesat. Tetapi terkadang tidak semua pengguna baru smartphone sudah langsung paham cara pengoperasian perangkat smartphone yang baru mereka beli. Hal ini merujuk pada pepatah lama yang mengatakan demikian " Ala Bisa Karena Biasa" , memang benar segala sesuatu yang bisa kita lakukan semuanya dimulai dari ketidak tahuan-belajar-biasa menggunakan maka barulah kita benar-benar bisa melakukan hal tersebut.

Contohnya saat para orang tua mengganti handphone lamanya dengan smartphone baru atau anak-anak dibelikan smartphone baru tentunya mereka belum dapat langsung paham keseluruhan cara pengoperasian perangkat smartphone baru tersebut. Begitu juga dengan teman-teman yang biasa menggunakan perangkat smartphone android tidak akan langsung bisa mengguasai penggunaan smartphone IOS Apple ataupun sebaliknya tanpa belajar terlebih dahulu dan membiasakan diri menggunakan perangkat tersebut.


Terinsfirasi dari hal-hal tersebut dan smartphone juga merupakan salah satu bagian dari menu blog ini maka pada artikel kali ini saya akan membahas 5 dasar-dasar penggunaan smartphone bagi pemula. Semoga akan dapat membantu para pengguna pemula smartphone dan bagi teman-teman lain yang sudah mahir tidak ada salahnya membagikan informasi artikel kali ini kepada orang-orang lain yang mungkin belum paham dasar-dasar cara penggunaan smartphone android barunya agar juga dapat mahir menguasai perangkat smartphone androidnya seperti kita.


1. Cara Mengganti Bahasa Sistem Pada Smartphone

Jika teman-teman tergolong pengguna smartphone baru ataupun sedang menggunakan smartphone baru, hal pertama yang akan mendukung adaptasi teman-teman terhadap smartphone baru yang sedang digunakan yaitu bahasa perangkat pada sistem smartphone itu sendiri. Jadi tunggu apa lagi, segera atur bahasa sistem pada perangkat smartphone teman-teman dengan bahasa yang teman-teman lebih pahami.

Contohnya untuk teman-teman Indonesia tentu akan lebih familiar dan paham jika menggunakan bahasa Indonesia sendiri. Berikut ini cara mengganti bahasa perangkat smartphone android dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia,  buka aplikasi Settings >> pada tab System pilih menu Language and input >> pilih menu Language, dan ganti bahasa smartphone dengan pilih pilihan bahasa Indonesia atau dengan bahasa perangkat yang ingin dipakai. Pada beberapa perangkat smartphone memerlukan restart terlebih dahulu untuk menyesuaikan bahasa yang telah diatur, cukup setujui konfirmasi restart yang tampil dan smartphone akan merestart otomatis.



Jika teman-teman menggunakan iPhone Apple dengan sistem operasi IOS teman-teman dapat mempelajari tutorial cara mengganti bahasa sistemnya pada artikel sebelumnya yaitu, Cara Mengganti Bahasa iPhone, iPad .

2. Cara Menambahkan Kontak Nomor Telepon Baru

Buka aplikasi kontak  >> Pilih ikon dengan gambar tanda + untuk menambahkan kontak baru >> Pada kotak isian kontak baru yang tampil silahkan mengisi data Nama,Nomor Telepon,Alamat dan data-data penting seperlunya >> Setelah selesai pilih pilihan Simpan untuk menyimpan data kontak baru yang telah dibuat. 



Atau teman-teman juga dapat menambahkan daftar kontak baru langsung melalui papan ketik pada aplikasi Telepon sebagai berikut, buka aplikasi Telepon >> Tekan atau masukkan nomor telepon yang ingin disimpan >> Jika nomor telepon yang dimasukkan belum ada didaftar kontak maka teman-teman akan melihat pilihan + Tambah Ke Kontak yang tampil diatas nomor, silahkan dipilih >> Selanjutnya pilih Buat Kontak >> Silahkan isi nama Kontak dan data penting seperlunya pada kotak isian kontak baru yang tampil >> Setelah selesai pilih pilihan Simpan untuk menyimpan data kontak baru yang telah dibuat.



Sebagai tambahan jika teman-teman tergolong pengguna smartphone baru yang sebelumnya hanya terbiasa menggunakan handphone tombol, pada awalnya tentu akan bingung jika anda ingin menerima telepon atau panggilan masuk. Jika pada handphone lama yang menggunakan tombol cukup dengan menekan tombol telepon berwarna hijau untuk menerima panggilan masuk dan tombol telepon berwarna merah untuk menolak atau memutuskan telepon, tetapi pada smartphone baru yang menggunakan fitur layar sentuh caranya akan sedikit berbeda.

Cara untuk menerima panggilan masuk dari smartphone baru, yaitu teman-teman harus memilih ikon telepon berwarna hijau kemudian menggesernya ke arah kanan sesuai petunjuk gambar yang tampil dilayar smartphone dan sebaliknya untuk menolak atau memutuskan telepon teman-teman cukup memilih ikon telepon berwarna merah kemudian menggesernya ke arah kiri sesuai petunjuk gambar yang tampil dilayar smartphone.



3. Cara Mengirim Pesan Singkat / SMS

Jika pada handphone lama yang berbasis tombol tekan, kita membuat pesan kemudian tekan OK pilih nomor tujuan dan kirim. Maka sedikit berbeda pada Smartphone Android yang kebanyakan menggunakan fitur layar sentuh untuk pengoperasiannya, untuk kirim pesan SMS pertama teman-teman buka aplikasi Pesan >> Pilih tulis pesan baru yang berbentuk seperti ikon pensil + kertas >> Pada tab Pesan Baru masukkan nomor tujuan di kotak Masukkan Penerima / pilih dari daftar kontak yang disimpan dengan pilih ikon kontak yang ada disampingnya >> Pada kotak Masukkan Pesan ketikkan isi pesan yang ingin dikirim >> setelah selesai kemudian pilih pilihan kirim pesan yang ada disamping isi pesan sesuai SIM yang kita inginkan dengan memilih ikon Pesan SIM1 / Pesan SIM2.



4. Cara Mengganti Nada Dering Telepon dan Notifikasi Pesan di Smartphone

Bagi teman-teman pengguna smartphone, terutama yang sedang menggunakan smartphone baru tentu ingin mengatur sendiri nada dering telepon dan pesan yang ada di smartphonenya. Karena akan lebih mudah diingat dan agar dapat mempermudah teman-teman pengguna smartphone mengetahui jika ada telepon dan sms masuk hanya dari nada dering yang berbunyi.

Berikut ini langkah-langkah mengatur nada dering telepon dan notifikasi pesan di Smartphone, buka aplikasi Pengaturan, pada Tab Perangkat pilih Menu Suara dan Notifikasi >> Pilih menu pilihan Nada Dering >> Jika teman-teman menggunakan dua kartu telepon, pilih tab kartu telepon yang ingin diatur yaitu SIM 1 atau SIM 2 >> Selanjutnya pilih nada dering yang ingin digunakan pada pilihan Nada dering di tab panggilan masuk pada kartu telepon yang telah dipilih sebelumnya >>  Tekan pilihan Tambah jika ingin menggunakan nada dering yang lebih banyak dari perpustakaan musik yang tersimpan >> jika sudah diatur pilih Selesai. Untuk mengatur suara notifikasi atau nada pesan, hampir sama seperti cara mengganti nada telepon yaitu, pada Menu Nada dering yang telah terbuka pilih pilihan Menu Notifikasi yang ada di Tab Pemberitahuan pada pilihan kartu telepon yang telah dipilih sebelumnya >> atur atau pilih suara notifikasi yang ingin digunakan sebagai penanda pesan masuk >> selanjutnya pilih OK untuk menyimpan pengaturan yang telah dipilih.



5. Cara Daftar ID Apple / Akun Gmail Untuk Menambah / Download Aplikasi di Smartphone

Saat menggunakan smartphone android dan iPhone apple baik pengguna baru maupun pengguna lama tentu tidak terlepas dari kebutuhan aplikasi-aplikasi tambahan yang sedang populer. Pada perangkat iPhone apple, teman-teman dapat menambah / download aplikasi tambahan melalui store bawaan IOS yaitu AppStore dan untuk download aplikasi tersebut teman-teman membutuhkan akun pengenal atau yang biasa disebut ID Apple. Jika teman-teman pengguna iPhone Apple yang belum memiliki ID Apple sendiri dan ingin tahu cara untuk mendaftar ID Apple baru, teman-teman dapat membacanya pada artikel terdahulu tentang Cara Daftar Apple ID Gratis Tanpa Kartu Kredit .

Untuk teman-teman pengguna smartphone android sebenarnya tidak jauh berbeda, jika ingin menambah / download aplikasi tambahan bisa didapatkan dari store bawaan android yaitu Play Store dengan menggunakan akun Gmail sebagai akun pengenal. Jika teman-teman sudah memiliki akun Gmail yang masih aktif, dapat langsung menggunakan aplikasi Play Store dengan memilih pilihan Sign In menggunakan email google dan password >> kemudian pilih metode pembayaran akun yang ingin diatur, jika tidak ingin menggunakan kartu kredit cukup memilih pilihan Lain kali - pilih lanjutkan >> Setujui persyaratan yang tampil dan play store siap digunakan untuk download aplikasi.

Jika teman-teman belum memiliki akun Gmail, dapat memilih pilihan buat akun baru, langsung dari aplikasi play store dan mengikuti intruksi yang ada. Berikut ini cara mudah daftar akun Gmail langsung melalui aplikasi Play Store, Buka aplikasi Play Store >> Pada Menu Tambahkan Akun yang tampil pilih pilihan Atau buat akun baru >> Silahkan isi data nama depan, nama belakang pada form Buat akun google yang tampil, Pilih BERIKUTNYA >> Buat nama pengguna / email baru yang mudah diingat, Pilih BERIKUTNYA >> Buat sandi / password untuk email tadi (minimal 8 karakter) dan ketik ulang password yang sama di kotak konfirmasi sandi, Pilih BERIKUTNYA >> Silahkan isi nomor telepon pada form Tambahkan nomor telepon yang tampil (dapat juga dengan memilih pilihan Lewati, jika dirasa belum diperlukan) , Pilih BERIKUTNYA >> Pada Tab Privasi dan Persyaratan yang tampil pilih SAYA SETUJU >> Pada Tab Layanan Google yang tampil pilih BERIKUTNYA >> Pada Tab Siapkan info pembayaran yang tampil pilih Lain kali dan LANJUTKAN >> Jika Tab persetujuan Play Store tampil lagi pilih Terima.




Sampai tahap ini berarti akun gmail yang telah teman-teman daftar tadi sudah jadi dan siap digunakan. Untuk download aplikasi baik di AppStore maupun Play Store, caranya sama cukup cari nama aplikasi yang ingin didownload pada kontak pencarian >> setelah aplikasinya tampil, pilih PASANG >> Setujui persyaratan yang tampil, Pilih TERIMA. Tunggu beberapa saat sampai proses download dan instalasi selesai, maka aplikasi barunya siap digunakan.

Sekian artikel tentang " Belajar Dasar-dasar Penggunaan Smartphone Untuk Pemula " , semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan teman-teman. Jika ada pertanyaan seputar tutorial yang telah dibagikan diatas silahkan bertanya melalui menu contact atau kolom komentar yang telah disediakan dibawah.
 

0 Response to "Belajar Dasar-Dasar Penggunaan Smartphone Untuk Pemula"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top