Placing Ads / Pemasangan Iklan

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)

Translate

Agroteknologiwebid Sumber Informasi Pertanian Indonesia



AGROTEKNOLOGI.WEB.ID SUMBER INFORMASI PERTANIAN INDONESIA


Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia , sesuai dengan sebutannya merupakan sebuah situs yang membahas masalah dunia pertanian Indonesia. Dimana, agroteknologi.web.id ini telah dibangun serta dikembangkan sejak tahun 2015 dengan kumpulan berbagai materi ilmu pertanian yang sangat menarik dan tentunya akan sangat berguna jika kita ikuti.
Mengapa saya dapat mengatakan demikian ?
Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia , karena hal tersebut telah saya buktikan sendiri, yaitu dengan mengunjungi situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia . Dan setelah saya lihat pada situs agroteknologi.web.id ini, memang banyak sekali informasi pertanian dan budidaya yang dapat menginspirasi kita agar dapat lebih baik lagi mencari peluang serta memanfaatkan lahan tidak terpakai yang kita miliki atau sekedar mencari inspirasi dari hobi budidaya yang dapat kita kembangkan. Disini tujuannya saya ingin mengajak teman-teman untuk mencoba berkunjung pada situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia , yang siapa tahu dapat menjadi awal kesuksesan dari teman-teman semua dalam pertanian . Karena kita semua tidak ada yang mengetahui kesempatan apa yang sedang menunggu kita, sebelum kita mecari tahu dengan mempelajarinya dan mempraktekkan serta menguji cobanya.






Seperti contoh gambar diatas buah jeruk yang ditanam didalam pot pun bisa cepat berbuah, menarik bukan ?
Teman-teman pun dapat mencari tahu cara-cara dan tips lengkapnya dengan membaca salah satu artikel yang ada di situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia , berikut ini yang berjudul :
Cara Agar Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Berbuah

Perlu teman-teman ketahui kata agroteknologi yang dipakai pada situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia memiliki arti tersendiri yang memang berhubungan dengan bidang pertanian yaitu berasal dari 2 kata diantaranya agro serta teknologi. Agro berasal dari agronomi yaitu ilmu yang mempelajari gejala (fenomena) dalam hubungannya dengan pertanian atau teori serta praktek dalam pengelolaan tanah serta produksi tanaman. Sedangkan teknologi berkaitan erat dengan sains serta perekayasaan. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi serta energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya. Jadi pada dasarnya, di Agroteknologi kita akan mempelajari mengenai bagaimana cara mengelola suatu komoditas dari berbentuk bibit sampai berbentuk hasil dan selanjutnya produk. Kita akan mempelajari tentang tanaman dan tumbuhan, pangan ataupun hortikultura, serta bagimana cara proses menanam yang baik, proses panen, proses pengolahan, hingga proses produksi.

Berikut ini beberapa garis besar informasi yang dapat kita pelajari di situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia :

1. Budidaya
Pada kategori menu ini teman-teman akan mendapatkan informasi dan ilmu pertanian seputar budidaya tanaman secara detail dan lengkap yang menyandingkan ilmu dan teknologi budidaya terkini. Diantaranya yaitu : Budidaya Tanaman Bunga Cempaka (Magnolia Champaca), Cara Agar Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Berbuah, Budidaya Dan Cara Merawat Bunga Kamboja Plumeria Dengan Cara Praktis, 5 Tips Jitu Menanam Dan Merawat Jambu Madu, Jenis Jenis Tanaman Durian Yang Layak Untuk Di Budidayakan, Teknik Budidaya Tanaman Hias Gerbera, Jenis-jenis Persemaian Yang Harus Anda Ketahui, Cara Budidaya Tanaman Gembili Secara Organik Untuk Pemula, Merawat Tanaman Bunga Jenis Anggrek Di Pot, Cara Budidaya dan Menanam Rumput Gajah Mini Di Taman, Macam-macam Sistem Hidroponik Dalam Pertanian, Cara Pembuahan Tanaman Anggur dan Pemeliharaan Buah, Cara Budidaya Jamur Tiram Putih dengan Baik Dan Menguntungkan, Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Untuk Pemula, Syarat Persemaian Yang Baik Bagi Benih Cabai, dan masih banyak lagi teknik-teknik budidaya tanaman yang dapat teman-teman temukan di situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia .

2. Mikrobiologi
Mikrobiologi adalah kajian tentang mahluk hidup (organisme) berukuran terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Mikroorganisme meliputi protozoa, algae (ganggang), fungi (jamur), lichenes, bakteri, dan virus. Keseluruhan mikroorganisme tersebut berpengaruh penting pada pertanian. Mikrobiologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang terpenting dan mengasyikkan untuk dipelajari. Tidak hanya sebagai ilmu biologi dasar yang memberikan pengertian-pengertian tentang asas-asas kimia dan fisika dalam proses kehidupan, tetapi juga sebagai ilmu terapan yang penting.

Beberapa mikroorganisme dapat menyebabkan penyakit pada tanaman, walaupun demikian jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mikroorganisme yang menguntungkan dalam arti dapat memelihara dan meningkatkan kesehatan tanaman. Mikroorganisme memiliki peranan kunci dalam menjaga, memulihkan, dan meningkatkan kualitas tanah, serta memacu pertumbuhan tanaman. Di tanah banyak dijumpai mikroorganisme yang mampu menyediakan Nitrogen, Fosfor, Sulfur, Logam-logam (Fe, Cu, Mn), dan zat pemacu tumbuh bagi tanaman. Terdapat juga mikroorganisme yang mampu menekan populasi mikroorganisme penyebab penyakit, dan mikroorganisme yang mampu menghilangkan cemaran organik / anorganik. Pada kategori menu ini teman-teman akan mendapatkan update lengkap mengenai mikrobiologi pertanian sehingga akan mendukung keberhasilan budidaya tanaman yang sedang dijalankan. Contohnya : Metode-Metode Untuk Mengukur Pertumbuhan Bakteri, Morfologi dan Struktur Bakteri, Penjelasan Mengenai Marka (Penanda) Molekuler, Sejarah Mengenai Virus, Alat-alat dalam Proses Bioteknologi, Penjelasan Mengenai Mikoriza Vesikular-Arbuskular, dan lain sebagainya.

3. Ilmu Tanah
Keberhasilan budidaya tanaman yang akan teman-teman kembangkan tidak terlepas dari faktor kesuburan dan karakteristik tanah. Oleh sebab itu kita juga harus membekali diri kita dengan ilmu di bidang tanah. Pada kategori menu ini teman-teman akan mendapatkan materi-materi yang menarik tentang karakteristik tanah yang cocok dalam dunia pertanian. Contohnya : Pengertian dan Definisi Erosi Tanah, Pengertian dan Metode dari Kegiatan Survei Tanah, Penjelasan Mengenai Penambatan Nitrogen, Penyebab Kemasaman Tanah yang Ada di Indonesia, Peran Bahan Organik dalam Memperbaiki Lingkungan Tanah, Apa Akibatnya Bila Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Nitrogen Bagi Tanaman?, Fungsi dan Peranan Unsur Hara Fosfor Bagi Tanaman, Dari Manakah Sumber Unsur Hara Fosfor?, Pengaruh Bahan Organik Terhadap Fisika Tanah, Hubungan Bahan Organik dengan Organisme Tanah, Faktor yang Mempengaruhi Bahan Organik Tanah, Manfaat dan Peranan Bahan Organik Tanah Bagi Tanaman, Gejala Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Kalium Pada Tanaman, dan lain-lain.

4. Hama & Penyakit
Pada kategori menu ini teman-teman akan mendapatkan informasi tentang hama & penyakit yang merupakan musuh dari para petani. Yaitu dengan mengetahui jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman, serta cara pencegahan dan penanggulangan secara tepat dan benar yang akan meningkatkan jumlah produksi dan mencegah terjadinya gagal panen. Contohnya : Kenali Penyakit Tanaman Hias dan Tips Mencegahnya, Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Hias Anyelir, Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Hias Florida Beauty, Hama dan Penyakit Pada Bunga Mawar Serta Cara Mengatasinya, Hama Tanaman yang Menyerang Daun Tanaman Padi, Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Hias Krisandan, Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Nangka, Panduan Singkat Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Sirsak,Panduan Sederhana Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Salak,Panduan Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Markisa, Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Alpukat, Penyakit Ini Biasa menyerang Tanaman Hidroponik, Panduan Pengendalian Hama Penyakit Kelapa Sawit,Jenis-Jenis Logam Berat yang Berbahaya Bagi Tanaman, Panduan Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Secara Kimia, Teknik Pengendalian Hama dan Penyakit Secara Biologi, Bagaimana Pengendalian Hama Secara Mekanik?, Pengertian dan Definisi Patogen Akar, dan lain sebagainya.

5. Klasifikasi Tanaman
Pada kategori menu ini teman-teman akan diajak untuk lebih mengenal susunan dan klasifikasi tanaman secara umum baik yang ada di Indonesia dan di dunia. Contohnya : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Anyelir, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Markisa, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Krisan, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gambas, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawo, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Sedap Malam, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak, Klаѕifikаѕi dаn Mоrfоlоgi Tаnаmаn Duriаn, Klasifkasi dan Morfologi Tanaman Karet, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit dan lain-lain.

6. Pemuliaan Tanaman
Pada kategori menu pemulian tanaman ini memiliki dua kelompok menu lagi yaitu Genetika dan Kultur Jaringan yang biasanya berkaitan dalam bidang pertanian. Contoh materi genetika : Ini dia Bedanya gametophytic self incompatibility dan sporophytic self incompatibility pada tanaman, Ini Bedanya DNA dan RNA pada Tanaman, Ukuran, Bentuk, serta Struktur Kromosom Pada Tanaman, dan lain sebagainya. Sedangkan pada materi kultur jaringan contohnya yaitu : Belajar Mengenai Kultur Jaringan, Serba-serbi Kultur Jaringan dan Berbagai Manfaatnya, dan lain-lain.

7. Teknologi Pertanian
Pada kategori menu teknologi pertanian ini juga terdiri dari beberapa kelompok menu yaitu Teknologi Benih, Teknologi Pasca Panen, Teknologi Pertanian, dan Pasca Panen. Pada materi teknologi pertanian memiliki beberapa pilihan yang sangat memungkinkan dan dapat membantu petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian mereka, yang tentunya dengan menerapkan ilmu teknologi tepat guna, dengan kerja keras dan kerja pintar petani akan mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Berikut ini merupakan salah satu artikel menarik yang menjadi top artikel pada situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia dengan kurang lebih 163 view perhari yaitu : Teknik dan Cara Budidaya Cabe Rawit , mengingat cabe rawit merupakan tanaman yang sangat penting dalam kebanyakan masakan khas yang ada di Indonesia jadi tidak heran jika banyak para petani yang ingin membudidayakan tanaman cabe rawit ini sebagai peluang usaha pertanian yang menjanjikan.

Salah satu artikel yang ada pada situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia ini akan membahas secara detail seputar  " Teknik dan Cara Budidaya Cabe Rawit " , dari tahap pemilihan benih cabe rawit, pengolahan lahan dan penanaman, pemeliharaan dan perawatan meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan hama dan penyakit sampai proses panen.
Berikut ini sedikit potongan isi artikel Teknik dan Cara Budidaya Cabe Rawit yang ada pada situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia :

Teknik dan Cara Budidaya Cabe Rawit – Cabe rawit yang dikenal dengan istilah Capsicum frutescens adalah tanaman yang pertama kali tumbuh di benua Amerika sehingga tanaman ini disebut-sebut sebagai salah satu tanaman yang berasal dari Benua tersebut.

Tanaman ini akan tumbuh optimal bila di tanam pada ketinggian kurang dari 500 m dpl. walaupun di atas 500 m dpl masih mampu bertahan namun diketahui produksi akan terus berkurang.

Secara umum tanaman cabe ini memerlukan tingkat curah hujan terbilang cukup tinggi yaitu sekitar 1.500-2.500 mm/tahun. Menurut para peneliti Schimidt dan Fergusson, tanaman cabe dapat tumbuh secara optimal dan menghasilkan produksi yang baik, pada kriteria iklim sebagai berikut :

Daerah sangat basah, yang memiliki 0-1.5 bulan kering.Daerah basah, yang memiliki 1,5-3 bulan kering.Daerah agak basah, yang memiliki 3-4,5 bulan kering.Daerah sedang, yang memiliki 4,5-6 bulan kering.

Cabe rawit memang sedikit sulit untuk dibudidayakan, para petani harus menentukan tempat yang benar dan tepat baik untuk suhu dan kelembaban. tanaman cabe dapat tumbuh dengan baik pada suhu antara 25-30 derajat celcius, sedangkan untuk  suhu yang optimal untuk pertumbuhan yaitu 25-28 derajat celcius.

Pemilihan Benih Cabe Rawit

Mungkin saat ini para petani tidak perlu sulit lagi mendapatkan benih berkualitas karena sudah banyak yang djual di toko-toko pertanian, namun kelemahannya yaitu harga yang relatif jauh lebih mahal. Namun kita sebenarnya bisa menyeleksi atau membuat benih cabe rawit sendiri. Benih bisa kita dapatkan dari hasil panel sebelumnya, usahakan untuk memilih benih dari hasil panen ke 5 atau ke 6.

Mengapa Hasil panen ke 5 atau 6?

Baca artikel selengkapnya di situs agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia >> Teknik dan Cara Budidaya Cabe Rawit .

Jadi kapanpun teman-teman memerlukan ilmu dan informasi pertanian terbaru dan terlengkap jangan ragu untuk segera mengunjungi agroteknologi.web.id sumber informasi pertanian indonesia .
Sekedar informasi tambahan untuk teman-teman blogger yang punya blog atau web juga bisa mengikuti Kontes SEO yang diadakan oleh agroteknologi.web.id dengan biaya pendaftaran yang gratis dan berhadiah.


Sekian Info&Tips yang dapat saya bagikan tentang artikel " Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia " , semoga dapat memberikan banyak manfaat kepada teman-teman pengunjung dan bisa menjadi informasi terbaik bagi teman-teman yang ingin mencoba dunia pertanian serta khususnya para petani yang ada di Indonesia.


0 Response to "Agroteknologiwebid Sumber Informasi Pertanian Indonesia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close