Channel Youtube - Budi Yanto

Placing Ads / Pemasangan Iklan

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)

Translate

Yang Perlu Dicek Saat Membeli Apple iPhone iPad Baru dan Second maupun Baru Garansi Distributor



Tips Cek Apple iPhone iPad Sebelum Dibeli





Saat membeli produk apple iPhone iPad baru maupun second biasanya teman-teman terutama yang belum begitu familiar dengan produk apple ini, pasti befikir dan bertanya-tanya pengecekan apa saja yang harus dilakukan pada barang atau produk apple yang akan dibelinya. Apakah Produk apple iPhone dan iPad yang akan dibeli asli atau tidak atau super copy ? Diartikel ini kita akan membahas pertanyaan-pertanyaan yang teman-teman fikirkan itu satu persatu.

Yang pertama harus teman-teman perhatikan adalah jika ingin membeli produk apple baik itu iPhone dan iPad, apalagi produk apple yang ingin dibeli adalah produk yang baru bukan second, belilah ditempat yang terpercaya dan resmi. Datanglah langsung ke toko ataupun konter yang menjual karena disana teman-teman dapat langsung mengecek kondisi produk yang akan dibeli secara langsung. Hal ini perlu diperhatikan karena khusus untuk syarat claim garansi produk apple baik itu garansi resmi maupun distributor biasanya memberikan syarat produk yang ingin diclaim garansi haruslah OK fisik (tidak lecet, tidak gompel, tidak tokak maupun pecah). Jadi jika saat ditest ditempat pembelian unit produk ada yang lecet, teman-teman dapat langsung meminta ganti dengan yang baru untuk menjaga proteksi claim garansi produk mendatang.

Mintalah penjelasan detail mengenai garansi produk serta syarat claim garansi dan tempat claim garansi  produk apple yang akan dibeli kepada si penjual. Jika teman-teman belum begitu paham mengenai macam-macam garansi produk apple yang ada dipasaran saat ini, teman-teman dapat membaca artikel terdahulu mengenai "Beda Apple iPhone Garansi Distributor-Resmi-Nasional-Internasional" . Selanjutnya pastikan kepada si penjual produk apple yang akan dibeli termasuk iPhone FU (Factory Unlocked) atau iPhone SU (Software Unlocked), penjelasan detail mengenai perbedaan iPhone FU dan iPhone SU dapat teman-teman baca pada artikel terdalulu mengenai "Perbedaan iPhone FU dan iPhone SU" .

Samakan S/N dan IMEI yang ada pada kotak/box dengan unit produk apple yang akan dibeli. Untuk mengecek IMEI iPhone bisa melalui menu telpon dengan memasukan kode *#06# maka informasi IMEI dari produk akan tampil atau bisa juga dengan mengakses "Menu Settings > General > About" maka akan tampil informasi rincian seputar produk apple yang digunakan. Teman-teman dapat mengecek garansi produk apple yang akan dibeli pada situs resmi yang telah disediakan oleh apple dilink ini "Cek Garansi Apple" dengan memasukan S/N atau IMEI produk apple yang akan dibeli. Jika S/N dan IMEI produk apple terdaftar maka akan tampil informasi mengenai tipe/seri produk dan sisa masa garansi dari produk apple yang dicek.

Setelah S/N dan IMEI produk apple dicek dan terdaftar disitus garansi resmi apple berarti dapat dipastikan jika produk apple tersebut merupakan produk asli dari apple. Jika teman-teman masih ragu produk apple yang dibeli benar-benar asli atau hanya sekedar produk super copy, teman-teman dapat menguji beberapa hal berikut :
  1. Untuk semua produk apple biasanya menggunakan sistem operasi tersendiri yang dikeluarkan dari apple contohnya untuk produk Apple iPhone dan iPad menggunakan sistem operasi iOS yang dapat teman-teman cek dengan mengakses "Menu Settings > General > About".
  2. Untuk platform distribusi aplikasi di iOS bawaan apple biasanya menggunakan aplikasi App Store yang dihubungkan dengan penggunaan Apple ID. Jadi jika teman-teman ingin mendownload aplikasi di App Store teman-teman harus menggunakan Apple ID. Mengenai cara medaftar Apple ID silahkan teman-teman baca artikel terdahulu mengenai  "Daftar Apple ID Gratis Tanpa Kartu Kredit" .
  3. Biasanya untuk perangkat Apple iPhone dan iPad asli yang baterainya masih berfungsi, jika perangkatnya kita matikan dalam keadaan baterai yang masih memiliki daya sekitar 20% dan kita pasangkan chargernya atau kita isi dayanya maka perangkat akan otomatis menyala sendiri/hidup tanpa harus kita menekan tombol power perangkat. Jadi teman-teman dapat menggujinya dengan mematikan perangkat telebih dahulu lalu menchargernya. Jika iPhone dan iPad merespon dengan Hidup otomatis berarti perangkat iPhone dan iPadnya lolos dalam tes tahap ini.
Setelah sekian panjang cara menguji keaslian produk apple yang kita bahas, mari selanjutnya kita masuk ke tahap untuk menguji apakah produk apple asli yang kita beli bekerja dengan baik atau tidak atau masih bagus atau tidak. 
  1. Yang biasanya diuji pada perangkat Apple iPhone dan iPad yang pertama yaitu kondisi atau fasilitas jaringan yang ada pada perangkat. Jika perangkat memiliki fasilitas jaringan seluler, Silahkan teman-teman memasukan kartu SIM dan mengetes jaringan selulernya berfungsi dengan baik atau tidak bisa dengan menguji telpon dan browsing internet lalu megetes jaringan Wifi yang dimiliki perangkat.
  2. Mengetes Kualitas Kamera yang dimiliki perangkat bekerja dengan baik atau tidak, kamera depan dan kamera belakangnya.
  3. Menguji kualitas baterai dari perangkat, silahkan teman-teman coba menguji perangkat dengan menggunakannya dalam beberapa waktu apakah kapasitas baterai berkurang dengan normal atau drop. Teman-teman dapat mengujinya dengan menjalankan beberapa aplikasi musik, games dan lain-lain lalu merestart perangkat dan mengecek ulang kapasitas baterainya setelah perangkat nyala kembali.
  4. Untuk layar perangkat teman-teman dapat mengecek apakah touchscreen perangkat bekerja dengan baik atau tidak dengan memainkan perangkatnya, dapat dengan mencoba mengetik kata-kata pada perangkat dan menguji fasilitas tombol yang ada. Dan tidakkalah pentingnya dari sisi layar teman-teman juga harus mengecek dan memastikan apakah layar perangkat kena dead pixel atau tidak. Caranya teman-teman dapat mengganti-ganti warna layar perangkat dan mengamati tampilan layar dengan seksama atau menggunjungi link berikut untuk bantuan menguji dead pixel perangkat, Klik Disini .
  5. Uji kualitas suara perangkat apple, baik itu speaker dengan test play musik atau memainkan rigtone yang ada maupun mikrofon telpon dengan uji coba menelpon dan mengamati suara yang keluar dan masuk dari hasil test telpon.
  6. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah teman-teman harus menguji aksesoris perangkat apple yang ada seperti adaptor / charger dan earphone. Karena untuk perangkat apple biasanya tidak bisa menggunakan sembarang aksesoris terutama charger, jika kabel charger tidak original maka untuk penggunaan jangka panjang maka perangkat apple akan otomatis mendeteksi jika kabel yang digunakan tidak original / tidak mendukung dan tidak dapat dipakai untuk mencharger lagi sedangkan adaptor charger yang tidak original akan berpengaruh pada penggisian daya baterai yang menjadi lebih lambat dan baterai lama full. 
Sekian artikel mengenai "Tips Cek Apple iPhone iPad Sebelum Dibeli" yang dapat saya bagikan kepada teman-teman. Semoga bermanfaat dan dapat membantu terutama untuk teman-teman yang kebetulan juga sedang ingin membeli produk-produk apple iPhone dan iPad. Jika ada pertanyaan dari teman-teman seputar tema artikel yang saya bagikan ini, silahkan teman-teman meninggalkan pesan pada kolom komentar yang ada dibawah.

0 Response to "Yang Perlu Dicek Saat Membeli Apple iPhone iPad Baru dan Second maupun Baru Garansi Distributor"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close