Mau Sewa Space Iklan?


PASANG IKLAN DISINI
*Hanya Rp50.000

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)


Advertisement

Translate

Cara Praktis Menghitung Jumlah Kata dan Karakter Pada Postingan Artikel Blog




Cara Menghitung Jumlah Karakter-Kata-Paragraf-Baris Sebuah Postingan Artikel Blog Dengan Bantuan Microsoft word




Hallo teman-teman blogger dan para pengunjung setia blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com !
Semoga kita semua selalu dalam keadaan yang sehat dan selalu berbahagia !
Sesuai dengan judul artikel postingan kali ini yaitu "Cara Menghitung Jumlah Karakter-Kata-Paragraf-Baris Sebuah Postingan Artikel Dengan Bantuan Microsoft word", maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips dan cara praktisnya kepada teman-teman semua.

Bagi teman-teman blogger yang sering mengikuti lomba dan kontes SEO blog, tentunya sering menemukan syarat penulisan dari sebuah kontes SEO blog yang mengharuskan sebuah artikel lomba memenuhi jumlah karakter, jumlah kata, jumlah baris bahkan jumlah paragraf yang telah ditentukan. Biasanya syarat yang telah ditentukan oleh penyelenggara lomba kontes SEO blog tersebut bersifat mutlak dan jika artikel postingan yang telah diikut sertakan dalam lomba tidak memenuhi syarat maka bisa-bisa kena sanksi didiskualifikasi walaupun artikel tersebut telah berhasil menduduki peringkat pertama sekalipun. Walaupun dirasa sangat kejam tetapi seperti itulah adanya bahwa aturan tetaplah sebuah aturan dan harus diikuti oleh para peserta.

Sebenarnya untuk menghitung jumlah kata, jumlah karakter, jumlah baris dan jumlah paragraf pada artikel yang kita buat, bisa dilakukan dengan cara manual yaitu menghitung satu persatu isi pada artikel itu sendiri. Tetapi bisa teman-teman bayangkan sendiri, betapa sangat membosankannya hal tersebut jika dilakukan. Contohnya saja pada tulisan artikel Cara Menghitung Jumlah Karakter-Kata-Paragraf-Baris Sebuah Postingan Artikel Dengan Bantuan Microsoft word yang saat ini sedang teman-teman baca, kira-kira berapa jumlah karakter dan kata yang terdapat pada artikel postingan ini ? hahaha :) pasti teman-teman blogger pada maleskan kalo harus menghitung jumlah kata apalagi jumlah karakter dari artikel postingan ini secara manual atau satu persatu.

Jika ditanya tentang jumlah paragraf yang ada pada artikel ini, tentunya tidaklah terlalu sulit untuk mencari jawabannya atau menghitungnya sendiri. Tetapi kalu sudah ditanya soal jumlah kata sampai jumlah karakter, udah deh saya aja nyerah. Bakalan perih-perih mata kita hitungin karakter pada artikel ini satu persatu :)

Tapi teman-teman tenang saja karena sekarang kita udah ada cara praktis buat menghitung jumlah keseluruhan artikel postingan baik dari jumlah paragraf, jumlah baris, jumlah kata sampai ke jumlah karakter-karakter tulisannya. Kuncinya yaitu menggunakan bantuan aplikasi Microsoft word.

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Dengan bantuan aplikasi microsoft word inilah kita akan lebih mudah untuk menghitung jumlah kata bahkan karakter dari sebuah artikel. Dan saya rasa aplikasi microsoft word ini juga sudah tidak asing lagi bagi teman-teman semua dan hampir semua komputer dan laptop juga biasanya telah dilengkapi dengan aplikasi ini.

Langsung saja kita masuk kepada tahap Cara Menghitung Jumlah Karakter-Kata-Paragraf-Baris Sebuah Postingan Artikel Dengan Bantuan Microsoft word :


  1. Copy / salin semua isi artikel postingan blog yang ingin dihitung jumlah karakter, kata, paragraf dan barisnya.
  2. Buka aplikasi microsoft word, paste / tempelkan isi artikel yang telah dicopy pada aplikasi microsoft word.
  3. Klik menu "Review", lalu klik fitur "word count", maka akan keluar jendela baru yang menampilkan berbagai informasi termasuk jumlah karakter dengan spasi dan jumlah karakter tanpa spasi (pada tampilan tab word count inilah kita akan mendapatkan informasi jumlah paragraf, baris, kata dan karakter pada tulisan artikel yang kita buat).


Selain itu, untuk menampilkan informasi "word count" pada microsoft word juga bisa dengan cara klik status bar yang berada di kiri bawah Ms Word tersebut. Yang bertuliskan "Words" pada barisan Page: 1 of ? Words: ??? - lihat contoh gambar dibawah ini.




Sekian artikel tentang Cara Menghitung Jumlah Karakter-Kata-Paragraf-Baris Sebuah Postingan Artikel Dengan Bantuan Microsoft word, semoga informasi artikel yang telah dibagikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk teman-teman semua. Silahkan berkomentar yang pantas dibawah artikel jika ada yang ingin ditanyakan seputar cara yang telah dibagikan dan jika artikel yang telah dibagikan dapat membantu teman-teman semua.


0 Response to "Cara Praktis Menghitung Jumlah Kata dan Karakter Pada Postingan Artikel Blog"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.