Placing Ads / Pemasangan Iklan

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)

Translate

Fitur Melacak HP Android Yang Hilang Dengan GPS



Android Device Manager Fitur Melacak HP Android Yang Hilang Dengan GPS




Para pengguna HP android perlu tahu bahwa pada HP android yang kita gunakan juga memiliki fitur pelacak lokasi HP yang hampir sama seperti fitur iCloud pada HP IOS keluaran apple. Pada HP android fitur pelacak HP ini lebih dikenal dengan sebutan fitur Android Device Manager yang memanfaatkan GPS dan akun Gmail HP android untuk melacak keberadaan HP android yang digunakan. Walaupun fitur ini tidak secanggih fitur iCloud pada perangkat apple yang bisa mengunci perangkat secara total walaupun perangkat apple yang hilang telah direset atau diinstal ulang IOS nya, tetapi untuk para pengguna perangkat android juga perlu mengetahui fitur ADM yang ada di HP Android ini untuk antisipasi kejadian hilangnya HP Android yang digunakan.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya jika fitur ADM pada HP android ini memanfaatkan sistem GPS yang merupakan singkatan dari Global Positioning System atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai sistem pemosisi global yang menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu itulah sebabnya fitur GPS ini bisa dimanfaatkan sebagai penentu lokasi HP Android.

Para pengguna HP android tentunya tidak pernah menginginkan Hp kesayangan yang mereka gunakan hilang baik dicuri, jatuh maupun tertinggal disuatu tempat. Tetapi tetap saja peristiwa kehilangan HP bisa terjadi kepada siapa saja dan dimanapun, oleh sebab itu tidak ada salahnya bagi teman-teman pengguna HP android untuk menyimak artikel tentang "Fitur Melacak HP Android Yang Hilang Dengan GPS" kali ini sebagai antisipasi awal sebelum kejadian tersebut menimpah siapapun diantara para pengguna.

Langkah pertama untuk memastikan fitur Android Device Manager akan dapat bekerja dengan baik yaitu memastikan setelan pengaturan ADM pada perangkat HP android kita telah aktif dan tersetting dengan benar. Untuk itu silahkan teman-teman buka aplikasi Google Settings atau Setelan Google yang terdapat pada HP android >> Pilih Menu Security atau Keamanan >> Pastikan semua fitur Android Device Manager atau Pengelola Perangkat Android telah diaktifkan, diantaranya dengan mengaktifkan fitur Remotely Locate This Device atau Cari Lokasi Perangkat Ini Dari Jarak Jauh dan fitur Allow Remote Lock and Erase atau Izinkan Mengunci dan Menghapus Dari Jarak Jauh. Selanjutnya langkah persiapan terakhir yaitu dengan menyalakan GPS dari pengaturan Location atau Lokasi pada HP android. Caranya dengan membuka menu Settings >> Pilih Menu Location atau Lokasi >> Kemudian geser tombol Location ke posisi ON untuk mengaktifkannya atau teman-teman juga dapat mengaktifkannya dari menu sidebar atas yang ada pada tampilan layar awal HP android.

Selanjutnya kita masuk ketahap uji coba fitur Android Device Manager ini, untuk mengakses fitur ini kita memerlukan email atau akun Gmail dan password yang sudah terkait di Hp android yang digunakan atau akun Gmail yang biasa digunakan untuk download aplikasi pada PlayStore. Berikut cara untuk mengecek akun Gmail yang telah dikaitkan pada perangkat android yang kita gunakan, Buka aplikasi Settings >> Pilih Menu Accounts >> Pilih pilihan Accounts Google, maka akan tampil rincian akun atau email Gmail yang sedang digunakan pada perangkat android kita. Atau teman-teman juga dapat melihat email google yang saat ini digunakan dari aplikasi Playstore di HP android, buka aplikasi Playstore >> Pilih Tab Menu yang ada dibagian kiri-atas Playstore (disebelah kiri kotak pencarian Google Play), maka teman-teman akan dapat melihat nama akun dan juga email gmail yang digunakan pada playstore dibagian atas setelan.

Setelah teman-teman memastikan akun atau email gmail berserta passwordnya yang saat ini digunakan pada HP android yang ingin di lacak, sekarang saatnya kita masuk ke tahap pelacakan HP android. Untuk melacak HP android menggunakan fitur Android Device Manager bisa dilakukan dengan 2 alternatif cara. Alternatif yang pertama bisa dengan mengakses situs Android Device Manager yang telah disediakan oleh Google dari smartphone android lain maupun dari komputer dan laptop, dengan memasukkan email gmail dan password yang digunakan pada HP android yang ingin dilacak atau email gmail yang telah dicek sebelumnya. Situs Android Device Manager dapat teman-teman akses melalui link berikut ini : Android Device Manager - Google

Alternatif kedua dengan fitur Android Device Manager yang telah disediakan oleh Google dalam bentuk aplikasi Device Manager. Dengan bantuan aplikasi Device Manager ini akan lebih memudahkan kita untuk menggunakan fasilitas-fasilitas Android Device Manager yang ada termasuk fasilitas Pelacak HP Android yang ingin digunakan. Untuk aplikasi android device manager ini dapat teman-teman download terlebih dahulu melalui aplikasi playstore yang ada di HP android pelacak, caranya mudah cukup dengan mengetikan nama aplikasi "Android Device Manager" tanpa tanda petik dua pada playstore kemudian cari aplikasi tersebut dan download. Setelah aplikasi Android Device Manager telah berhasil terdownload, silahkan buka aplikasinya kemudian setujui persyaratan aplikasi yang tampil dengan memilih pilihan "Accept".

Sama seperti fasilitas yang tersedia di Situs Andorid Device Manager - Google pada aplikasi Andorid Device Manager ini juga memiliki 3 fasilitas menu untuk mengatur atau meremot HP android yang dilacak dari jarak jauh. Hanya saja khusus pada aplikasi Android Device Manager yang telah dipasangkan di HP android pelacak kita dapat mengontrol 2 akun gmail sekaligus yang pertama akun gmail pelacak sebagai admin dan yang kedua akun gmail hp android yang ingin dilacak sebagai tamu. Dengan adanya fitur kontrol dari 2 akun gmail ini secara bersamaan jadi dapat mempermudah untuk melakukan pencarian atau pelacakan HP android yang hilang dengan memantau jarak kordinat dari akun gmail admin dengan akun gmail tamu yang dapat dilihat dipeta yang ditampilkan di aplikasi Android Device Manager tersebut.

3 fasilitas menu pada Android Device Manager yang bisa digunakan sebagai remote HP android yang hilang dari jarak jauh diantaranya yaitu :


  1. Menu Ring atau Deringkan yang bisa digunakan untuk menderingkan HP android yang hilang / yang dilacak selama 5 menit, dengan fasilitas menu deringkan ini teman-teman tidak perlu  khawatir jika HP android yang saat ini ingin dilacak berada dalam kondisi 'Silent" karena jika HP android yang dilacak dideringkan suaranya akan tetap berdering dengan volume yang maksimal.
  2. Menu Lock atau Kunci yang bisa digunakan untuk mengkunci HP android yang hilang / yang dilacak agar tidak bisa dibuka oleh sembarangan orang yang menemukan HP android tersebut. dengan Menu Lock ini, teman-teman dapat mengunci HP android yang hilang dengan password baru yang diinginkan, lalu dapat membuat suatu pesan dan nomor telepon yang akan tampil pada HP android yang hilang saat HP android yang hilang tersebut dalam keadaan terkunci.
  3. Menu Erase atau hapus yang bisa digunakan untuk menghapus semua data-data HP android yang hilang dari jarak jauh, baik itu data gambar, video, musik dan file-file lain serta pengaturan yang tersimpan pada memori internal HP android yang hilang. Menu Erase ini bekerja dengan melakukan factory reset online dari jarak jauh saat HP android yang hilang dalam keadaan online atau sedang tersambung dengan jaringan internet, tapi yang perlu diperhatikan pada menu erase ini hp akan direset pada pengaturan awal, sehingga jika sebelumnya teman-teman telah memanfaatkan fitur yang kedua atau menu Lock dengan pesan dan nomor telepon juga akan ikut hilang dan tidak akan berfungsi lagi. Dengan kata lain kita tidak akan dapat mengontrol lagi HP android yang hilang tersebut.
Sebenarnya ini hanyalah sebuat altenatif saja yang dapat teman-teman manfaatkan untuk memberikan pengamanan tambahan pada HP android yang dimiliki, tetapi tetap saja kita harus benar-benar menjaga HP android yang saat ini masih digunakan karena jika sampai kasus HP android hilang kita juga tidak akan tahu pasti apakah HP android yang hilang tersebut dapat kembali lagi ke tangan penggunanya walaupun fitur Android Device Manager ini telah diaktifkan sebelumnya. Karena segala sesuatunya akan membutuhkan waktu dan proses.
Sebagai saran untuk teman-teman pengguna HP android selalu sediakan back up data-data penting yang dipakai di HP agar tidak kesulitan jika suatu saat data tersebut terhapus dan jika menyimpan data penting di HP sebaiknya disimpan pada memori internal HP agar jika HP android tersebut hilang data penting tersebut dapat dihapus dari jarak jauh dengan menggunakan fitur Android Device Manager yang telah kita pelajari tadi agar tidak bisa disalah gunakan oleh orang lain.

Sekian artikel tentang "Android Device Manager Fitur Melacak HP Android Yang Hilailang Dengan GPS" semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan smartphone teman-teman. Jangan lupa untuk membantu temanman-teman pengguna HP android lainnya dengan men--share artikel ini kepada mereka, siapa tahu artikel yang telah dibahas ini dapat berguna dan membantu teman-teman lainnya. Jika ika ada yang ingin ditanyakan seputar penkan penjelasan yang telah diuraikan pada artikel kali ini, silahkan teman-teman bertartanya melalui kolom komentar yang ada dibawah atau melalui menu Contact yang telah disediakan.       

2 Responses to "Fitur Melacak HP Android Yang Hilang Dengan GPS"

  1. Maaf gan mau nnya...Ada ga cara untuk mengembalikan settingan hp android ke settingan qta yg sudah dirubah oleh org lain??Trs bagaimana melacak hp android yg hilang sedangkan pengaturan lokasinya dimatikan???Sekian dan terima kasih sblmnya...

    BalasHapus
  2. Terima kasih telah berkunjung di blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com .

    Untuk cara mengembalikan settingan hp android ke settingan pabrik seperti baru ada caranya tetapi semua data hp akan terhapus. Jd jika ingin mencobanya sebaiknya data-data penting di back up terlebih dahulu. Jika data pentingnya sudah diback up dan sudah yakin ingin reset pabrik serta baterai hp sudah siaga full, berikut ini caranya :
    Buka menu settings >> pada tab personalization pilih menu back up and reset >> pada tab personal data, pilih menu factory data reset >> pilih reset device >> tunggu proses reset selesai dan hp restart otomasis, setelah selesai atur lagi setinggan hp sesuai keinginan.

    Jika persoalan hp hilang tetapi layanan lokasinya tidak aktif, memang akan sulit untuk dilacak, tetapi cobalah dulu untuk menghubungi operator telepon dari kartu yang dipasang pada hp yg hilang mungkin operator telepon tersebut bisa melacak keberadaan hp dari sinyal kartu yg aktif.

    Semoga informasi balasannya dapat membantu

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close