Placing Ads / Pemasangan Iklan

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)

Translate

Menggabungkan Partisi Hardisk



Cara Membatalkan Partisi Hardisk dan Menggabungkan Partisi Hardisk Windows






Pada artikel lalu saya pernah membahas mengenai cara Partisi Hardisk Windows, tetapi bagaimana jika hardisk yang telah kita partisi tersebut ternyata salah. Atau pada suatu saat kita merasa partisi hardisk yang telah kita bagi ternyata terlalu banyak ada Local Disk (C:), Local Disk (D:), Local Disk (E:), Local Disk (F:) dan tidak terpakai, dilain sisi salah satu partisi yang sering kita gunakan ternyata sudah penuh. Contohnya Local Disk (D:) tempat kita sering menyimpan data-data hampir penuh sedangkan kita memiliki Local Disk (E:) yang masih kosong atau tidak terpakai. Tentu akan lebih baik dan rapi jika space Local Disk (E:) tersebut kita gabungkan menjadi space kosong di Local Disk (D:) yang hampir penuh tersebut.

Jika teman-teman berpikiran sama dengan pendapat diatas dan ingin tahu caranya, mari ikuti tutorial diartikel ini. Sekedar Catatan kalau data yang ada di Local Disk yang akan menjadi space kosong tambahan akan dihapus pada tahap ini dan cara ini hanya bisa bekerja jika drive atau Local Disk yang ingin digabungkan merupakan Local Disk yang berasal pada pembagian Shrink Volume drive yang sama atau merupakan hasil partisi dari drive sebelumya. Sebagai ilustrasi drive yang akan saya gabungkan kali ini adalah Local Disk (E:) yang merupakan Local Disk yang sebelumnya terbentuk dari hasil Shrink Volume dari Local Disk (D:).

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk :
  1. Klik Menu Start, lalu klik kanan pada pilihan menu Computer dan pilih submenu Manage
  2. Maka akan tampil aplikasi Computer Management, klik pilihan disk management, klik kanan pada drive atau Local Disk (E:) yang akan dihapus untuk digabungkan ke drive lainnya dan pilih Delete Volume ...
  3. Klik kanan lagi pada drive yang telah di Delete Volume ... nya tadi lalu selanjutnya pilih Delete Partition ... 

  4. Klik kanan pada Local Disk (D:) yang akan kita tambahkan spacenya, lalu pilih Extend Volume...
  5. Pilih dan klik Next > pada task Extend Volume Wizard yang tampil ikuti petunjuk yang ada silahkan memilih pembagian yang ingin diatur jika tidak dan semua drive ingin dikembalikan ke Local Disk (D:) silahkan klik Next > dan sampai Finish
Setelah selesai silahkan cek drive Local Disk (D:) yang telah digabungkan pasti partisinya telah bertambah. Sekian artikel mengenai cara Menggabungkan Partisi Hardisk yang dapat saya bagikan kepada teman-teman semua semoga bermanfaat bagi semuanya. Pelajari juga cara merubah urutan drive atau Local Disk (C:), (D:), (E:) dan sebagainya yang ada pada artikel Mengganti Urutan Local Disk. Silahkan bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan jika ada yang kurang dimengerti dan terima kasih.

0 Response to "Menggabungkan Partisi Hardisk"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back to top
close